Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Top, SIPUHH KLHK Jadi Pelayanan Publik Terbaik 2022

Selasa, 6 Desember 2022 15:04 WIB
Sekretaris Jenderal KLHK, Bambang Hendroyono (kiri) mewakili Menteri LHK, Siti Nurbaya menerima penghargaan yang diserahkan oleh Menteri PAN-RB, Abdullah Azwar Anas pada acara Penganugerahan Bersama Pelayanan Publik dan Reformasi Birokrasi di Jakarta, Selasa (6/12).
Sekretaris Jenderal KLHK, Bambang Hendroyono (kiri) mewakili Menteri LHK, Siti Nurbaya menerima penghargaan yang diserahkan oleh Menteri PAN-RB, Abdullah Azwar Anas pada acara Penganugerahan Bersama Pelayanan Publik dan Reformasi Birokrasi di Jakarta, Selasa (6/12).

RM.id  Rakyat Merdeka - Di tangan Siti Nurbaya, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) berkomitmen untuk melakukan reformasi birokrasi dan  berinovasi dalam meningkatkan kualitas layanan publik. Salah satunya, Sistem Informasi Penatausahaan Hasil Hutan (SIPUHH). Sistem ini hadir sebagai inovasi untuk memangkas birokrasi sekaligus sebagai alat kendali untuk mendorong dunia usaha kehutanan menjadi efisien, tertib dan taat aturan.

Atas kinerjanya, SIPUHH KLHK meraih penghargaan TOP 5 Inovasi Pelayanan Publik berupa Outstanding Achievement of Public Service Innovation (OAPSI) Tahun 2022 untuk kategori khusus dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPANRB). 

Sekretaris Jenderal KLHK, Bambang Hendroyono, mewakili Menteri LHK Siti Nurbaya menerima penghargaan yang diserahkan oleh Menteri PAN-RB, Abdullah Azwar Anas pada acara Penganugerahan Bersama Pelayanan Publik dan Reformasi Birokrasi di Jakarta, Selasa (6/12).

Baca juga : Top, Telkom Jadi BUMN Terbaik Dunia 2022 Di Taipei

Dalam sambutannya, Menteri PAN-RB Anas menmenyampaikan kembali tiga arahan Presiden Joko Widodo tentang Reformasi Birokrasi. Pertama, Presiden berpesan agar birokrasi itu harus berdampak dan dirasakan langsung oleh masyarakat. Kedua, reformasi birokrasi bukan tumpukan kertas. Ketiga, birokrasi harus lincah dan cepat.

“Dalam rangka untuk mempercepat dampak, kami menyusun Reformasi Birokrasi (RB) Tematik yang meliputi Pengentasan Kemiskinan, Peningkatan Investasi, dan Digitalisasi Administrasi Pemerintah. Reformasi Birokrasi juga diarahkan untuk percepatan prioritas aktual Bapak Presiden yaitu peningkatan penggunaan produk dalam negeri dan pengendalian inflasi,” kata Anas.

Tahun ini, KemenPANRB kembali membuka Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (KIPP) Tahun 2022 untuk kategori Umum dan Khusus. Kategori Khusus dalam KIPP Tahun 2022 merupakan ajang kompetisi yang diikuti oleh inovator-inovator yang telah meraih Top Inovasi Terpuji tahun-tahun sebelumnya. 

Baca juga : ALFI Minta Pelayanan Dialihkan Ke Terminal Lain

Sebagai Inovasi yang telah meraih Top Inovasi Terpuji Tahun 2017 (Top 40/2017), SIPUHH menjadi salah satu wakil inovasi kategori Khusus dari Kementerian LHK.

Di tempat sama, Sekjen KLHK Bambang Hendroyono mengucapkan terima kasih. Bambang mengatakan, sejak kehadirannya pada 1 Januari 2016, SIPUHH telah memfasilitasi seluruh pelaksana kegiatan pemanfaatan hasil hutan dari pemegang izin konsesi/pengelola hutan di hulu hingga pelaku usaha pengolahan hasil hutan di hilir. 

Dalam perkembangannya, SIPUHH telah menjadi bagian penting serta kebutuhan dalam bisnis proses pemanfaatan hasil hutan. 

Baca juga : Top, Bank DKI Raih Penghargaan Pengawasan Kearsipan Terbaik dari Pemprov DKI

“SIPUHH telah menjadi urat nadi yang menjadi kunci berlangsungnya kegiatan bisnis usaha kehutanan sekaligus menjadi kunci penerimaan PNBP dari sektor kehutanan,” ujarnya.
 
Penganugerahan pelayanan publik ini merupakan apresiasi kepada instansi pemerintah yang telah memberikan upaya terbaiknya dalam mengelola birokrasi dan memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. 

Selain itu juga memberikan motivasi kepada instansi untuk selalu berbenah melakukan reformasi birokrasi yang berdampak nyata bagi masyarakat.■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.