Dark/Light Mode

PILM Kabupaten Buton

Perpustakaan Tingkatkan Akses Belajar Masyarakat

Senin, 12 Desember 2022 13:07 WIB
Plt Deputi Pengembangan Sumber Daya Perpustakaan Perpusnas Deni Kurniadi meresmikan Gedung Layanan Perpustakaan Daerah Buton, Senin (12/12). (Foto: Dok. Perpusnas)
Plt Deputi Pengembangan Sumber Daya Perpustakaan Perpusnas Deni Kurniadi meresmikan Gedung Layanan Perpustakaan Daerah Buton, Senin (12/12). (Foto: Dok. Perpusnas)

RM.id  Rakyat Merdeka - Masyarakat Kabupaten Buton kini boleh berbangga karena Gedung Layanan Perpustakaan Daerah senilai sekitar Rp 8 miliar telah berdiri megah di daerahnya. Keberadaan Perpustakaan Daerah ini diyakini akan meningkatkan kecerdasan dan juga kesejahteraan masyarakat Buton.

Plt Deputi Pengembangan Sumber Daya Perpustakaan, Perpustakaan Nasional (Perpusnas), Deni Kurniadi, mengatakan kecerdasan warga negara menjadi prasyarat utama dalam mencapai tujuan kemerdekaan bangsa Indonesia. Dengan kata lain, setiap warga negara wajib untuk hidup cerdas.

Baca juga : Langkah ASDP Akuisisi PT Jembatan Nusantara Tingkatkan Pelayanan Jasa Pelayaran

Kecerdasan hidup individu itu diperoleh antara lain dengan peningkatan kemauan dan kemampuan belajar, sehingga dengan sendirinya kegiatan belajar menjadi kewajiban dasar bagi setiap manusia. "Tersedianya sarana belajar, termasuk tersedianya perpustakaan yang baik, serta kesempatan yang sama bagi setiap warga negara untuk belajar adalah tanggung jawab mutlak Pemerintah," ujar Deni, pada peresmian Gedung Layanan Perpustakaan Daerah, Senin (12/12).

Saat ini, dunia membutuhkan perpustakaan lebih dari sebelumnya. Terlebih, ketika imbas pandemi telah mempengaruhi setiap aspek hidup masyarakat, mulai dari kesehatan, pendidikan, kesejahteraan sosial, hingga perdagangan internasional. Pada saat yang sama, kesenjangan dalam kapasitas negara-negara untuk mengatasi krisis terus menghalangi dunia untuk sepenuhnya mengendalikan masalah dan krisis bersama yang kita hadapi saat ini.

Baca juga : Salshabilla Adriani, Belajar Bahasa Isyarat

Di tempat yang sama, Pj Bupati Buton Basiran berterima kasih atas pembangunan perpustakaan di daerahnya, yang berasal dari Perpusnas. Pembangunan ini sangat pentingnya, mengingat APBD Buton masih sangat berat untuk mewujudkan pembangunan gedung layanan perpustakaan di sini.

"Pembangunan tidak hanya infrastruktur tapi juga meliputi SDM. Oleh karena itu, saya berharap Dinas Perpustakaan mampu kolaborasi dengan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lain untuk pengembangan koleksi bacaan yang lebih variatif," ujarnya.

Baca juga : Ganjar Berbagi Cerita Manfaatkan Medsos Untuk Melayani Masyarakat

Pada kesempatan yang sama, dilakukan pula pengukuhan Bunda Literasi Desi Natalia Buton Deasy Natalia Rompas, dan penandatanganan MoU antara Pemerintah Daerah Buton dengan Bunda Baca tentang pemberdayaan Budaya Baca.

Acara kemudian dilanjutkan dengan talkshow Peningkatan Indeks Literasi Masyarakat (PILM) yang dipenuhi perangkat desa dan pegiat literasi Kabupaten Buton. PILM menghadirkan narasumber Rektor Institut Teknologi Kelautan (ITK) Kabupaten Buton La Siarra dan pegiat literasi masyarakat Buton Makmur.â– 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.