Dark/Light Mode

Menko Polhukam dan Mendagri Bakal Kunjungi Pulau Rondo Di Ujung Barat NKRI

Senin, 12 Desember 2022 14:59 WIB
Foto: Ist.
Foto: Ist.

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD selaku Ketua Pengarah Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP) dan Menteri Dalam Negeri alias Mendagri Tito Karnavian selaku Kepala BNPP, diagendakan melaksanakan Kunjungan Kerja (Kunker) ke salah satu Pulau-pulau Kecil Teluar (PPKT) Tidak Berpenduduk di beranda depan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Yaitu, Pulau Rondo dan Kecamatan Lokpri di Kota Sabang. Sebagaimana diketahui Provinsi Aceh merupakan Provinsi Perbatasan yang memiliki batas laut di utara dengan India (Laut Andaman), di Timur dengan Thailand dan Malaysia (Selat Malaka), serta di barat dengan Laut lepas yaitu Samudra Hindia.

Provinsi Aceh juga memiliki 1 PPKT yaitu Pulau Rondo, yang menjadi menjadi titik nol sebelah barat NKRI. Pulau Rondo merupakan pulau di ujung barat yang masuk dalam wilayah administrasi Kecamatan Sukakarya, Kota Sabang, Provinsi Aceh.

Pulau Rondo tidak berpenghuni, tapi dijaga anggota TNI yang bertugas untuk mengamankan wilayah pulau terluar Indonesia.

Baca juga : Belajar Diplomasi Publik Dari Surat-Menyurat Nabi

Sekretaris BNPP Restuardy Daud menyatakan, kegiatan Kunker ini dimaksudkan untuk mendorong percepatan pembangunan Batas Wilayah Negara-Kawasan Perbatasan dan peningkatan prasarana pertahanan keamanan di PPKT.

Caranya, melalui pemantauan dan koordinasi Kementerian/Lembaga anggota BNPP bersama Pemerintah Daerah, serta sebagai bentuk perhatian pemerintah dengan hadirnya negara di perbatasan.

"Rencananya kegiatan kunker Bapak Menko. Polhukam dan Bapak Mendagri akan dilaksanakan pada minggu ketiga Desember 2022," kata Ardy, panggilan Restuardy Daud, seperti keterangan yang diterima RM.id, Senin (12/12).

Di hari pertama Menkopolhukam dan Kepala BNPP diagendakan mengunjungi pulau Rondo untuk melihat dan mengecek kondisi sarana prasarana Pos Pengamanan Pulau-pulau Terluar (Pamputer) di Pulau Rondo, sekaligus menyerahkan bantuan.

Baca juga : Mahfud MD, Menko Polhukam: Senang Maroko Menang, Sedih Jepang Tumbang

Rombongan selanjutnya direncanakan akan mengunjungi Kecamatan Lokasi Prioritas (Lokpri) Sukajaya untuk meninjau beberapa kegiatan layanan di perbatasan.

Antara lain layanan kependudukan dan pencatatan sipil (dukcapil), layanan kesehatan seperti vaksinasi polio dan penanganan stunting, penyerahan bantuan, serta meninjau kegiatan ekonomi masyarakat yang dilakukan oleh Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

Di hari pertama rombongan juga diagendakan mengunjungi Museum Tsunami Banda Aceh, untuk bersama-sama turut mendoakan saudara-saudara kita yang terkena musibah tsunami 18 tahun silam, tepatnya tanggal 26 Desember 2004.

Kemudian pada hari kedua, rombongan bakal akan meluncurkan Prangko Seri Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Tahun 2022, serta melaksanakan Rapat Koordinasi bersama Jajaran Pemda dan Forkopimda di Provinsi Aceh.

Baca juga : Amerika Serikat Batalkan Kunjungan Utusan Khusus LGBT

Ardy menuturkan, saat ini BNPP l bersama dengan K/L terkait sedang berkoordinasi terkait persiapan rencana kunker.

"Terkait pelaksanaan kunker ini, Kedeputian Bidang Pengelolaan Infrastruktur Kawasan Perbatasan BNPP akan mengirimkan Tim ke Pulau Rondo untuk mengidentifikasi kebutuhan sarpras disana. Selain itu BAZNAS serta CSR Mitra Polhukam dan BNPP juga akan memberikan sejumlah bantuan kepada Satgas Pamputer dan masyarakat perbatasan di Kecamatan Lokpri," pungkasnya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.