Dark/Light Mode

Menteri Siti Tekankan Reformasi Birokrasi Tematik Di KLHK

Kamis, 15 Desember 2022 17:58 WIB
Menteri LHK, Siti Nurbaya membuka Rapat Koordinasi Pengawasan (Rakorwas) internal KLHK secara virtual Rabu (14/12).
Menteri LHK, Siti Nurbaya membuka Rapat Koordinasi Pengawasan (Rakorwas) internal KLHK secara virtual Rabu (14/12).

RM.id  Rakyat Merdeka - Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) melalui Inspektorat Jenderal menggelar Rapat Koordinasi Pengawasan (Rakorwas) internal KLHK secara virtual Rabu (14/12). 

Dalam sambutannya, Menteri LHK, Siti Nurbaya mengatakan, Rakorwas bertujuan untuk membangun komitmen bersama seluruh Satker untuk mengintegrasikan antara pengelolaan risiko, pengendalian korupsi, dan Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP) yang kapabel akan menjamin keberhasilan pencapaian tujuan KLHK.

"Reformasi Birokrasi adalah sebuah proses perubahan yang dilaksanakan secara bertahap, sistematis, dan berkesinambungan dalam rangka menciptakan tata kelola pemerintahan yang bersih, meningkatkan pelayanan publik, kapasitas dan akuntabilitas kinerja birokrasi dan profesionalisme SDM Aparatur," ujarnya.

Siti mengungkapkan, sejak tahun 2004, desain reformasi birokrasi selama dua puluh tahun bertujuan untuk melakukan perubahan fundamental.  Diharapkan pada akhir periode dua puluh tahun pertama atau pada tahun 2024, seluruh birokrasi dan organisasi Pemerintah di Indonesia telah memenuhi semua prakondisi terciptanya clean and good governance yang kokoh, serta mencapai tingkat pelayanan publik yang berkelas dunia.

Baca juga : Kasus Formula E Jalan Di Tempat

Menteri Siti menerangkan, bahwa pemenuhan area-area perubahan dalam reformasi birokrasi memiliki efek langsung terhadap kinerja organisasi. Hasilnya dapat dilihat dari apresiasi serta penghargaan-penghargaan dari lembaga lain atau masyarakat terhadap berbagai sub sistem manajemen KLHK. 

Atas pemenuhan reformasi birokrasi tersebut, Menteri dari Partai NasDem ini mengapresiasi kinerja jajarannya yang telah memperoleh beberapa penghargaan sepanjang tahun 2022 ini. 

"Capaian ini menjadi penting sekali untuk memastikan kematangan sistem birokrasi kita menyeluruh dan nyata di lapangan. Ukuran efektivitas manfaat reformasi birokrasi adalah di antaranya bagaimana unit-unit kerja kita memenuhi aspek Zona Integritas serta mendapatkan predikat Wilayah Bebas Dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM)," ungkap Siti.

Menteri dua periode ini melanjutkan, bahwa tahap kedua reformasi birokrasi akan sepenuhnya diukur dari capaian manfaat nyata di lapangan dan kepuasan masyarakat. 

Baca juga : Setjen MPR: Bukti Reformasi Birokrasi Berjalan Baik

Seluruh organisasi pemerintah dan birokrasi yang seyogyanya telah lulus memenuhi prakondisi perubahan fundamental akan didorong untuk memenuhi target reformasi birokrasi yang diukur secara tematik atau dikenal sebagai reformasi birokrasi tematik. 

Sebagai langkah awal, ditetapkan bahwa Reformasi Birokrasi (RB) tematik prioritas meliputi RB untuk Pengentasan Kemiskinan, RB untuk Kemudahan Investasi, RB untuk Digitalisasi Administrasi Pemerintahan, dan RB untuk pencapaian prioritas Presiden. 

Menurut Siti, KLHK sudah dipastikan akan memiliki andil besar dalam pencapaian seluruh tema-tema diatas, sehingga apabila Reformasi Birokrasi Tematik akan diukur dari outcome, impact dan kepuasan publik. 

" Kita sudah saatnya siap untuk dinilai secara utuh dan multi aspek oleh siapapun, terutama oleh pihak-pihak berkepentingan, pihak-pihak pengguna layanan KLHK, dan masyarakat secara luas," kata Siti.

Baca juga : Di Forum PBB, Menteri Siti Sampaikan Langkah Indonesia Kelola Air Tanah

Siti kemudian meminta jajaran KLHK untuk mempercepat pemenuhan target reformasi birokrasi 2024 dan transisi menuju reformasi birokrasi tematik. 

Dalam Rakorwas ini juga, Sekretaris Jenderal KLHK, Bambang Hendroyono menyampaikan paparan terkait strategi peningkatan kinerja pengelolaan anggaran KLHK, disusul kemudian Inspektur Jenderal KLHK, Laksmi Wijayanti yang menyampaikan paparan tentang hasil evaluasi tahun 2022 dan strategi pengawasan tahun 2023.■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.