Dark/Light Mode

Raih SDGs Action Awards 2022, Menteri Siti Ucapkan Terima Kasih Ke Pegawai LHK

Kamis, 1 Desember 2022 17:50 WIB
Kepala PPN/Bappenas, Suharso Monoarfa menyerahkan penghargaan SDGs Action Awards 2022 kepada Sekretaris Jenderal KLHK, Bambang Hendroyono mewakil Menteri LHK Siti Nurbaya pada pembukaan SDGs Annual Conference 2022 (SAC) 2022, Kamis (1/12).
Kepala PPN/Bappenas, Suharso Monoarfa menyerahkan penghargaan SDGs Action Awards 2022 kepada Sekretaris Jenderal KLHK, Bambang Hendroyono mewakil Menteri LHK Siti Nurbaya pada pembukaan SDGs Annual Conference 2022 (SAC) 2022, Kamis (1/12).

RM.id  Rakyat Merdeka - Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) meraih peringkat pertama Indonesias SDGs Action Awards 2022 kategori kementerian/lembaga. 

Penghargaan diserahkan oleh Kepala PPN/Bappenas, Suharso Monoarfa kepada Sekretaris Jenderal KLHK, Bambang Hendroyono mewakil Menteri LHK Siti Nurbaya pada pembukaan SDGs Annual Conference 2022 (SAC) 2022, Kamis (1/12).

Menteri LHK, Siti Nurbaya mengucapkan terima kasih atas penghargaan ini. Ia menyampaikan,  bahwa Pelaksanaan TPB/SDGs di KLHK pada prinsipnya dalam upaya pencapaian kinerja dari seluruh program yang ada, karena nilai yang diusung dalam pembangunan adalah pembangunan berkelanjutan.

Kegiatan yang dilakukan KLHK berperan dalam pencapaian pilar sosial, pilar ekonomi, pilar lingkungan dan pilar tatakelola SDGs di Indonesia. Komitmen ini juga selaras dengan upaya pencapaian target NDC.

Baca juga : Jokowi Ucapkan Terima Kasih Kepada Suku Dayak

“Atas pencapaian ini, saya ucapkan terima kasih pada seluruh jajaran KLHK di seluruh penjuru Indonesia, atas kerja keras dan komitmennya mengawal pembangunan berkelanjutan dalam aksi kerja nyata untuk Indonesia tercinta,” ucap Siti Kamis (1/12)
 
Sementara itu, Bambang mengungkapkan, dalam RPJMN 2020-2024 dan prinsip Sustainable Development Goals (SDGs), sumber daya alam hutan dan lingkungan Indonesia yang berkeunggulan komparatif dan kompetitif harus dikelola secara berkeadilan untuk mendorong pertumbuhan ekonomi, penyediaan lapangan kerja, pengentasan kemiskinan, dan memperkecil kesenjangan ekonomi wilayah atau gini ratio. 

"Dalam mencapai tujuan bersama tersebut, kedaulatan negara dan peradaban sosial masyarakatnya harus terjamin seiring dengan pelaksanaan pembangunan ekonomi hijau yang menekankan produktivitas tinggi, efisiensi dan rendah emisi. Untuk itu, KLHK terus berupaya dalam suksesnya agenda 2030, TPB/SDGs dengan peran-peran yang tepat dan proporsional," ucapnya.

Anugerah Indonesia's SDGs Action Awards 2022 sendiri memiliki 11 kategori, yaitu, kementerian/lembaga, pemerintah provinsi, pemerintah kabupaten/kota, perguruan tinggi, lembaga penelitian, pelaku usaha besar, pelaku usaha kecil dan menengah, organisasi masyarakat sipil, filantropi, organisasi orang muda, dan media.

Penyelenggaraan Indonesia SDGs Action Awards 2022 adalah dalam rangka memberikan apresiasi bagi Pemerintah dan aktor non pemerintah yang konsisten mendukung pelaksanaan SDGs di Indonesia.

Baca juga : Tutup Pelatihan Bela Negara, Menteri Basuki Ucapkan Terima Kasih Kopassus

Kegiatan SDGs Annual Conference 2022 dengan tema "Mendorong Aksi Nyata Ekonomi Hijau untuk Mencapai SDGs" ini menyuguhkan beberapa diskusi panel, pameran, dan penampilan seni. Ada pula SDG Festival untuk pelajar dan orang muda yang dikhususkan untuk selebrasi orang muda yang aktif dalam upaya pelaksanaan SDGs.

KLHK berkomitmen untuk memainstreaming SDGs. Sejak tahun 2017 saat Perpres 59 tentang pelaksanaan TPB/SDGs, KLHK telah berinisiasi pembentukan pokja dan menyusun Roadmap kontribusi Program/kegiatan terhadap pencapaian SDGs nasional. 

Setiap tahun KLHK aktif mensosialisasikan, mengadakan atau mengikuti berbagai pertemuan terkait TPB/SDGs, serta menerbitkan beberapa media publikasi untuk mengajak para pihak ikut terlibat dalam agenda bersama ini. 

Pada tahun 2022, sebagai komitmen nasional dalam pencapaian target NDC yang selaras dengan SDGs pada tahun 2030, KLHK menerbitkan PermenLHK 21/2022 tentang Tata Laksana Penerapan Nilai Ekonomi Karbon dan KepMenLHK Nomor 168/2022 tentang Rencana Operasional Indonesia’s Forestry and Other Land Use (FoLU) Net Sink 2030 untuk Pengendalian Perubahan Iklim.

Baca juga : Kemenag Sampaikan Apresiasi dan Penghargaan Bagi Para Guru

"Sekitar 18 ribu Aparatur Sipil Negara LHK yang tersebar dari Sabang hingga Merauke akan tetap menjadikan pembangun berkelanjutan sebagai marwah dari upaya dan langkah yang kami lakukan," ujar Bambang.â– 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.