Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Refleksi Akhir Tahun 2022, BPIP: Pancasila Membumi Bersama Media

Kamis, 29 Desember 2022 14:50 WIB
Refleksi Akhir Tahun 2022 BPIP. (Foto: Ist)
Refleksi Akhir Tahun 2022 BPIP. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) menyelenggarakan Refleksi Akhir Tahun 2022 di Jakarta, Rabu (28/12). Pada kesempatan itu, lembaga yang di komandoi Yudian Wahyudi memaparkan capaian program 2022.

Ia mengatakan, meroketnya Program dan Kegiatan BPIP adalah bentuk dari kolaborasi dan kerja sana antara BPIP dan pihak media. Pancasila menjadi perhatian sangat penting untuk direfleksikan kembali terutama terkait dengan strategi apa yang bisa ditempuh dalam mengkampanyekan Pancasila menjadi lebih agile, kreatif, inovatif dan dapat diterima dengan mudah oleh masyarakat melalui media massa.

"Karena itu, saya mendorong bagi institusi dan kawan-kawan media yang hadir di sini untuk berkolaborasi dalam menggencarkan pemberitaan ke arah positif," kata Yudian.

Baca juga : Refleksi Olahraga 2022, Menpora Andalkan DBON

Wakil Kepala BPIP Karjono menjelaskan realisasi Anggaran Tahun 2022 per hari ini sudah mencapai 95,67 persen yang diproyeksikan 99, 05 persen. "Kemudian juga banyak hal yang telah dilakukan di antaranya terkait dengan indikator kinerja, sistem merit yang mendapatkan kategori baik," paparnya.

Kemudian opini Wajar Tanpa Pengecualian dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) BPIP telah meraih 3 kali berturut-turut. Tidak hanya itu, beberapa prestasi atau anugerah di antaranya kategori "Menuju Informatif" Dari Komisi Informasi Pusat (KIP) Republik Indonesia.

Selain Kesekretariatan, Kedeputian juga menunjukan progres serapan dan kinerja yang sangat baik dengan rata-rata 95 persen yang ditargetkan 99 persen. "Penilaian pelayanan publik di Kementerian dan Lembaga ini mendapatkan nilai B dengan nilai 3,64 jadi tertingginya itu 5 jadi paling tidak ini sudah 70 ke arah 80," ujarnya.

Baca juga : Tahun 2022, KPK Tetapkan 149 Tersangka Kasus Korupsi

"Kemudian juga kami laporkan terkait dengan Paskibraka Indonesia Paskibraka Indonesia ini jumlah Purnapaskibraka Duta Pancasila nasional sekarang sudah 9.350 orang ini sudah bisa luar biasa," jelasnya.

Selain itu, sebagai tindaklanjut Ekonomi Pancasila, pokok-pokok Ekonomi Pancasila dari pasal 33 konstitusi ada arah kebijakan, bahwa peta jalan ada garis besar Ideologi Pancasila walaupun sudah menjadi peraturan penuh ada penguatan penyempurnaan.

Dewan Pakar BPIP Darmansjah Djumala mengatakan perlu ada revolusi dalam media yakni lebih agresif dalam pembumian Pancasila. "Evolusi bermedia sosial itu adalah, harus lebih bersifat agresif atau jangan malu-malu," ungkapnya.

Baca juga : Target Investasi Kudu Tercapai

Ia berharap ada kolaborasi BPIP dan media lebih erat untuk penyebaran informasi. "Kita harus pamer terus, harus pamer positif, biarkan kita sombong asalkan jangan bohong," tutupnya. 

Dalam refleksi akhir tahun yang diselenggarakan di Ancol tersebut juga masing-masing Deputi memaparkan program dan kegiatannya yang sudah dilaksanakan dan ditanggapi oleh media undangan.

Hadir mendampingi Sekretaris Utama BPIP Adhianti, Dewan Pakar BPIP, Staf Khusus Ketua Dewan Pengarah BPIP, Jabatan Pimpinan Tinggi Madya dan Pratama BPIP.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.