Dark/Light Mode

Indonesia Makin Cakap Digital 2023 Resmi Dimulai

Selasa, 31 Januari 2023 17:57 WIB
Foto: Ist.
Foto: Ist.

RM.id  Rakyat Merdeka - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) menyelenggarakan kick off program Indonesia Makin Cakap Digital (IMCD) 2023.

Ini merupakan program literasi digital yang dilaksanakan untuk meningkatkan kemampuan masyarakat Indonesia dalam memanfaatkan teknologi digital secara positif, produktif, dan aman.

Kemenkominfo berkolaborasi bersama 18 mitra menyelenggarakan kegiatan literasi digital untuk segmen pendidikan. Juga segmen kelompok masyarakat di wilayah Indonesia.

Baca juga : Pimpin Negara ASEAN, Indonesia Ciptakan Solusi Positif bagi Dunia

IMCD 2023 menargetkan 5,5 juta masyarakat mendapatkan literasi di bidang digital. Kick off IMCD 2023 yang dilaksanakan pada 27 Januari itu dibuka dengan sambutan oleh Bonifasius Wahyu Pudjianto selaku direktur Pemberdayaan Informatika.

Bonifasius menyampaikan kepada para penyelenggara bahwa, peserta di tahun 2023 merupakan masyarakat yang belum pernah mengikuti kegiatan literasi digital pada tahun-tahun sebelumnya.

"Tahun 2023 ini terdapat perbedaan dengan kegiatan di tahun sebelumnya karena target audience yang dituju lebih unik," terangnya.

Baca juga : Lolos Ke Final, Ini Kunci Keberhasilan Leo/Daniel

Selanjutnya, Sekretaris Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika Slamet Santoso mengimbau agar para mitra penyelenggara menjalankan kegiatan dengan penuh tanggung jawab, mempertimbangkan bahwa 2023 adalah tahun politik.

Harus memastikan bahwa kegiatan yang kita selenggarakan murni untuk edukasi literasi digital, bukan menggalang masyarakat untuk politik.

"Kami harap kegiatan ini tidak digunakan untuk tujuan politik," ucapnya.

Baca juga : Siang Ini Jojo Vs Chico Di Final, PBSI: Membanggakan

Slamet juga mengingatkan kepada para mitra penyelenggara IMCD 2023, terutama yang menangani penyelenggaraan di wilayah rawan pemilu berdasarkan Indeks Kerawanan Pemilu oleh Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), untuk selalu berkoordinasi dengan pihak Kemenkominfo agar penyelenggaraan kegiatan berjalan dengan baik.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.