Dark/Light Mode

Kominfo Dan GLND Siberkreasi Cegah Modus Phising Dan Social Engineering Dalam OOTD

Jumat, 10 Februari 2023 14:36 WIB
Foto: Ist.
Foto: Ist.

 Sebelumnya 
Pertama, menggunakan kata sandi yang kompleks dan mudah diingat serta tidak membagikannya kepada siapapun. Kedua, menerapkan kata sandi yang berbeda untuk setiap akun media sosial atau marketplace.

Ketiga, mengaktifkan OTP atau One-Time Password. Keempat, mengenali situs web atau aplikasi palsu yang dibuat mirip aslinya. Kelima, tidak menggunakan wifi publik atau gratis saat mengakses media sosial atau marketplace.

Khusus phising pada marketplace, Pradipta juga membagi ciri-ciri dalam mengenali modus pelakunya. Pertama, nominal hadiah/diskon yang ditawarkan tak masuk akal.

Baca juga : Gandeng GLND Siberkreasi, GoTo Genjot Pemahaman Literasi Digital Mitra Usaha

Kedua, kontak marketplace tidak menggunakan kontak resmi, melainkan kontak pribadi. Ketiga, situs web tidak menggunakan https, logonya tidak sesuai, atau terdapat kesalahan ejaan.

Dalam menyikapi kejahatan siber phising ini, Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika, Direktorat Pemberdayaan Informatika, Sub Direktorat Literasi Digital Kementerian Komunikasi dan Informatika bersama GNLD (Gerakan Nasional Literasi Digital) Siberkreasi telah merancang Peta Jalan Literasi Digital Tahun 2021-2024.

Di dalam peta jalan tersebut, ada empat kerangka kurikulum literasi digital: Digital Skills, Digital Safety, Digital Ethics, dan Digital Culture.

Baca juga : Menkes: Yang Dirawat, Jangan Sampai Ada Yang Meninggal

Selain itu, ada tiga kerangka dalam menyusun program untuk tiga komponen masyarakat, yakni Digital Society, Digital Economy, dan Digital Government.

Dengan kerangka inilah, program-program konkret hadir untuk menciptakan masyarakat cakap digital yang dapat terhindar dari modus pencurian data pribadi berupa phising dan social engineering.

Untuk bisa terus mendapatkan informasi ter-up to date mengenai kegiatan OOTD berikutnya dan kegiatan literasi digital yang seru lainnya, dapat dilihat di event.literasidigital.id dan follow media sosial Literasi Digital Kominfo. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.