Dark/Light Mode

Tiket F1 Powerboat Ludes

Danau Toba Makin Dilirik Dunia

Kamis, 16 Februari 2023 07:50 WIB
Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali. (Foto: Dok. Kemenpora)
Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali. (Foto: Dok. Kemenpora)

RM.id  Rakyat Merdeka - Indonesia sudah siap menggelar F1 Powerboat World Championship alias F1H2O di Danau Toba, Sumatera Utara, pada 24-26 Februari 2023. Pemerintah optimistis, ajang kejuaraan dunia perahu motor Formula 1 ini bisa membuat Danau Toba makin dilirik dunia.

Indonesia memang tidak memiliki perwakilan atlet untuk ikut berlomba. Namun, menurut Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali, dipilihnya Indonesia sebagai tuan rumah merupakan suatu kehormatan.

“Berarti kan ada suatu hal yang menarik, ada satu hal yang benar-benar menjadi daya tarik yaitu Danau Toba,” ujar Amali dalam dialog yang digelar Forum Merdeka Barat 9 (FMB9) di Jakarta, kemarin.

Baca juga : InJourney Matangkan Gelaran Kopiko F1Powerboat Danau Toba

Menteri asal Partai Golkar itu meyakini, para pembalap akan merasakan pengalaman yang luar biasa di Danau Toba. Pemerintah sudah menyiapkan berbagai infrastruktur untuk para pengunjung dan para official yang akan datang.

“Semuanya kami siapkan sesuai standar, dan ini diawasi federasi internasional,” tuturnya.

Meski begitu, Amali mengatakan, akomodasi di sekitar venuebalapan masih sangat kurang. Padahal, Danau Toba merupakan salah satu dari lima destinasi pariwisata super prioritas.

Baca juga : Luncurkan Amdalnet, KLHK Percepat Layanan Izin Lingkungan

Dia pun mengajak para pengusaha mengembangkan kawasan di sekitar Danau Toba dengan membuka hotel dan penginapan.

Danau Toba bukan hanya tahun ini saja menjadi menggelar F1 Powerboat World Championship. Kontraknya sebagai tuan rumah ajang ini berlaku selama lima tahun.

Persiapan lain yang mesti dilakukan untuk menggelar F1 Powerboat yakni homologasi, mengecek kedalaman danau dengan sonar, cuaca dan penen­tuan waktu race yang paling optimal.

Baca juga : 1,5 Juta Penonton F1 Powerboat Diyakini Dongkrak Citra Danau Toba

Sementara, untuk mengurai kemacetan yang diprediksi akan terjadi, pihak pengelola khusus­nya Kemenpora telah berkoordi­nasi dengan pihak Polri maupun Dinas Perhubungan untuk mem­buat alur tersebut.

Pihak pengelola bersama Kemenpora juga berkoordinasi dengan Polri dan Dinas Perhubungan untuk mengurai kemacetan yang diprediksi akan terjadi selama event F1 Powerboat World Championship berlangsung.

Selain Kemenpora, gelaran ini juga merupakan gawean Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) dan InJourney.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.