Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

1,5 Juta Penonton F1 Powerboat Diyakini Dongkrak Citra Danau Toba

Senin, 30 Januari 2023 18:27 WIB
Foto: Ist.
Foto: Ist.

RM.id  Rakyat Merdeka - Kesempatan Indonesia menjadi tuan rumah ke-40 ajang balap F1 Powerboat World Championship patut dimanfaatkan secara maksimal, khususnya dalam memperkuat potensi wisata. Apalagi, target penontonnya mencapai 1,5 juta.

Informasi tersebut disampaikan lewat kegiatan dukungan publik Genposting (Generasi Positive Thinking) dengan tema “F1 Powerboat, Perkuat Potensi Wisata Danau Toba”.

Acara diselenggarakan oleh Direktorat Informasi dan Komunikasi Perekonomian dan Maritim, Ditjen IKP Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) di Medan, Sumatera Utara.

Baca juga : F1 Powerboat Jadi Ajang Promosi Danau Toba

Direktur Jenderal Informasi Komunikasi Publik, Kemenkominfo, Usman Kansong menyampaikan, citra Danau Toba sebagai destinasi wisata perlu dipulihkan. Pertama, memulihkan mulai dari infrastruktur.

“Pemerintah Pusat sangat concern dan menjadikan Danau Toba sebagai Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP). Konsekuensinya adalah pembenahan infrastruktur, termasuk akan ada jalan tol yang saat ini sedang dibangun dan sudah ada Bandara Silangit yang akan mempercepat perjalanan ke Danau Toba,” jelas Usman.

Selain keterlibatan dari Pemerintah, pemulihan destinasi wisata juga memerlukan keterlibatan dari masyarakat setempat dalam membenahi kultur yang memberikan dampak pada pariwisata.

Baca juga : Kehadiran Ridwan Kamil Diyakini Bakal Dongkrak Suara Golkar Di Pilpres

Pembenahan kultur di sekitar Danau Toba, bisa dimulai dengan meningkatkan kultur melayani, sebagaimana yang diterapkan oleh masyarakat di daerah pariwisata lain seperti Bali atau Jogja.

“Saya percaya jika infrastruktur dibenahi, maka kultur akan ikut berubah,” cetus Usman.

Selain itu, kegiatan-kegiatan yang memperkuat potensi pariwisata juga perlu lebih banyak diselenggarakan seperti kegiatan internasional F1 Powerboat Lake Toba 2023 atau F1H2O.

Baca juga : Biar Nggak Dehidrasi Nonton Final, Perbanyak Minum Air Mineral

Usman berharap, dalam dua atau tiga tahun ke depan, wisatawan mancanegara (wisman) yang datang semakin banyak, mengingat lokasi Danau Toba yang dekat dengan negara-negara tetangga.

Sementara, Direktur Informasi dan Komunikasi Perekonomian dan Maritim Kemenkominfo, Septriana Tangkary menyampaikan dukungan terhadap UMKM lokal yang akan dilibatkan di acara F1 Powerboat Lake Toba 2023.

“Akan ada banyak UMKM yang diajak ikut serta. Masyarakat harus bisa mempromosikan produk UMKM lokal seperti kopi bubuk, kain ulos dalam bentuk produk fashion, berbagai makanan ringan, dan cendera mata sehingga acara F1 Powerboat Lake Toba 2023 dapat memberikan manfaat secara langsung kepada masyarakat lokal,” pungkasnya. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.