Dark/Light Mode

Buka IIMS 2023, Jokowi Dorong Industri Otomotif Genjot Ekspor

Kamis, 16 Februari 2023 12:22 WIB
Presiden Jokowi membuka pameran otomotif IIMS. (Foto: Ist)
Presiden Jokowi membuka pameran otomotif IIMS. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Presiden Jokowi resmi membuka Pameran Otomotif Indonesia International Motor Show (IIMS) Tahun 2023 di JIEXPO Kemayoran, Jakarta, Kamis (16/2). Pada kesempatan itu, Jokowi mendorong produsen otomotif untuk menggenjot ekspor.

Presiden tiba di Ballroom JIEXPO pukul 10.15 WIB. Jokowi mengenakan setelan kemeja putih lengan panjang dan celana panjang hitam.

Jokowi didamping Menko Perekonomian Airlangga Hartarto, Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita, Menteri Sekretaris Kabinet Pramono Anung dan Ketua IMI Bambang Soesatyo.

Dalam sambutannya, Jokowi memuji, pertumbuhan industri otomotif nasional. Pada tahun 2022, kata dia, penjualan mobil naik 18 persen menjadi 1,08 juta unit. Sementara, penjualan sepeda motor juga naik 33 persen di angka 5,2 juta unit di tahun 2022. 

Baca juga : Buka Festival Montir Mania 2023, Bamsoet Dorong Pemberdayaan UMKM Otomotif

“Ini capaian luar biasa," puji Jokowi.

Namun, kata eks Wali Kota Solo itu, capaian ini jika tidak dikelola dengan baik akan menimbulkan efek negatif. Salah satunya kemacetan. Karena itu, dia mendorong agar ekspor kendaraan dari Indonesia ke luar negeri ditingkatkan.

"Supaya tidak macet saya mengajak seluruh industri otomotif untuk lebih berorientasi pada ekspor. Saya ingin dorong lagi ekspornya semakin tinggi dan naik setiap tahunnya," kata Jokowi.

Dia juga memuji ekspor kendaraan. Menurut dia, peningkatan ekspor sudah cukup tajam dari tahun 2021 sebesar 300.000 naik menjadi hampir 600.000 pada 2022. 

Baca juga : Bulan Depan, IVES 2023 Jadi Gelaran Industri EO Perdana

Dia menyampaikan terima kasih kepada industri otomotif yang telah meningkatkan ekspor. Namun dia mengatakan, ekspor Indonesia masih kalah dengan Thailand, sehingga perlu didorong naik.

Pada kesempatan itu, Jokowi juga mengajak produsen untuk beralih ke mobil listrik. 

"Dari mobil bensin digeser ke mobil listrik. Karena pemerintah juga terus mendorong agar dari hulu sampai hilir. Sebab ekosistem besar mobil listrik kita miliki, mulai dari EV baterai, lithium, semuanya. Agar kita dorong," ujar Jokowi.

Usai memberikan sambutan, Jokowi pun langsung melihat booth-booth mobil yang ikut pameran. Jokowi sempat melihat booth mobil Esemka.

Baca juga : Airlangga Dorong Industri Otomotif Dalam Negeri Jadi Pemain Global

Pameran IIMS Tahun 2023 dihelat di JIEXPO Kemayoran, Jakarta, 16-26 Februari 2023. Peserta merek mobil yang ikut meramaikan IIMS di antaranya Daihatsu, BMW, Chery, DFSK, Honda, Hyundai, Mitsubishi, MG, Subaru, Suzuki, Toyota dan Wuling hingga Indomobil Group yang menghadirkan lima brand yaitu Audi, Citroen, KIA, Nissan, Volkswagen (VW), serta Esemka.

Selanjutnya merek sepeda motor yaitu Astra Honda Motor, Benelli-Keeway, Energica, Husqvarna, Italjet, KTM, Niu, Royal Alloy, Royal Enfield dan Yamaha. Sedangkan merek motor listrik diikuti Gelis, Ion Mobility, Rakata, Selis dan Smartby. Merek baru Yadea yang berada di bawah Indomobil Group juga akan berpartisipasi.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.