Dark/Light Mode

Wamendag Pede Masa Depan Perdagangan Makin Cerah Di IKN

Rabu, 22 Februari 2023 11:21 WIB
Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag) Jerry Sambuaga saat mengunjungi Ibu Kota Nusantara (IKN) yang berlokasi di Kalimantan Timur akhir pekan lalu. (Foto: Istimewa)
Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag) Jerry Sambuaga saat mengunjungi Ibu Kota Nusantara (IKN) yang berlokasi di Kalimantan Timur akhir pekan lalu. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag) Jerry Sambuaga menekankan bagi seluruh jajaran Kementerian Perdagangan (Kemendag) bersiap untuk melakukan transisi menuju ibukota baru.

Hal ini dikatakan Wamendag saat mengunjungi Ibu Kota Nusantara (IKN) yang berlokasi di Kalimantan Timur akhir pekan lalu.

Menurut Jerry, kesiapan Kemendag tersebut bukan meliputi kesiapan sumberdaya manusia, sistem dan juga sarana prasarana lainnya.

"Jadi perpindahan ini bukan hanya perpindahan fisik tapi juga bagaimana supaya sistemnya bertransisi dengan baik dan lancar. Itulah sekarang yang sedang dipersiapkan oleh kami di Kemendag," kata Jerry, Rabu (22/2).

Baca juga : Jangkau Pemilih Muda, Golkar Genjot Penggunaan Medsos

"Pak Presiden Jokowi sangat visioner dengan wacana membentuk ibukota baru yang lebih modern, lebih menjangkau seluruh Indonesia, lebih ekologis dan lebih transformatif. Kami tentu akan mengimplementasikan visi dan transformasi tersebut," sambung Jerry.

Jerry memastikan Kemendag mendukung dan mengimplementasikan gagasan Presiden Joko Widodo mengenai wajah baru di ibukota.

Dilihat dari posisi geografis, kata Jerry, gagasan Presiden Jokowi untuk memindahkan lokasi ibukota menjadi di tengah membuat keterjangkauan ke seluruh wilayah Indonesia akan lebih baik.

"Saya kagum Pak Presiden sangat memperjuangkan pemerataan pembangunan, khususnya bagi Kawasan Timur Indonesia. Dengan adanya perpindahan ini, saya yakin roda ekonomi di kawasan timur akan semakin merata," ujarnya.

Baca juga : Wamenag Ingatkan Lembaga Pengelola Zakat Tidak Berpolitik

Mantan Anggota DPR ini menilai, secara simbolis, jarak pusat dan Indonesia Timur akan makin dekat. Secara substantif juga begitu. Keterjangkauan dan perhatian pusat terhadap Indonesia Timur tentu akan lebih besar.

"Ini angin segar bagi masyarakat luar Jawa dan Indonesia Timur," jelasnya.

Dengan perpindahan tersebut, lanjut Jerry, sektor perdagangan di Luar Jawa dan Sumatera diharapkan akan berjalan lebih cepat lagi. Jerry melihat bahwa potensinya besar, bukan hanya dari sektor komoditas, pertambangan dan pertanian, tetapi juga pengembangan manufaktur dan pariwisata. 

Sebagai putra daerah dari Sulawesi Utara, Jerry melihat ada masa depan yang cerah bagi pertumbuhan ekonomi pasca kepindahan ibukota. Dirinya berharap seluruh stakeholder di daerah memanfaatkan hal tersebut dengan mempersiapkan segala sesuatunya.

Baca juga : Gelar Milad Ke-42, Ini Perjalanan BMKT Membina Potensi Umat

"Kita tentunya yakin dan percaya akan ada keselarasan langkah antara Pemerintah pusat dengan daerah sehingga perpindahan ibukota ini bisa berdampak nyata sesuai dengan harapan kita bersama," ucapnya. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.