Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Kampus Merdeka Berikan Pengalaman Yang Nggak Didapatkan Mahasiswa Di Kampus

Sabtu, 18 Februari 2023 13:25 WIB
Mendikbudristek Nadiem Makarim. (Foto: Humas Kemendikbudristek)
Mendikbudristek Nadiem Makarim. (Foto: Humas Kemendikbudristek)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Makarim melepas 21.045 mahasiswa peserta program Kampus Mengajar angkatan 5.

Kebanggaan dan acungan jempol bagi mahasiswa yang rela berkorban untuk membantu program Pemerintah untuk mengembangkan dunia pendidikan.

Nadiem mengapresiasi para mahasiswa yang bertekad meningkatkan kualitas pendidikan Indonesia, dengan terlibat dalam program Kampus Mengajar yang menyasar 5.093 satuan pendidikan.

Mendikbudristek juga memberikan pesan kepada mahasiswa peserta program Kampus Merdeka agar menjalankan peran tersebut dengan sungguh-sungguh.

Mereka nantinya akan berkolaborasi dengan guru dan kepala sekolah untuk meracik pembelajaran yang kreatif yang inovatif.

Baca juga : 114 Sekolah Di Jakarta Terima Ratusan Mahasiswa Kampus Mengajar Angkatan 5

Kegiatan seremoni pelepasan Kampus Mengajar Angkatan 5 juga diadakan secara luring di 34 wilayah Balai Besar Penjaminan Mutu Pendidikan (BBPMP) dan Balai Penjaminan Mutu Pendidikan (BPMP), yang dihadiri perwakilan Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota, mahasiswa, dan kepala sekolah.

Nadiem berharap, animo yang besar ini mampu memperkuat pelaksanaan dan monitoring dari berbagai pemangku kepentingan, yang berkaitan dengan Program Kampus Mengajar.

Direktur Jenderal PAUD, Pendidikan Dasar dan Menengah, Iwan Syahril menyebut, Kampus Mengajar merupakan solusi mengakselerasi pembelajaran di satuan pendidikan pasca pandemi Covid-19.

Kolaborasi yang terjalin antara mahasiswa program Kampus Mengajar dan guru di ruang kelas, diharapkan tidak hanya meningkatkan kualitas literasi dan numerasi siswa, namun juga pengembangan kompetensi mahasiswa.

"Semangat untuk semua mahasiswa yang bertugas, proses yang akan kalian jalani akan menimbulkan kesan untuk pendidikan di masa depan," ujar Iwan.

Baca juga : Garuda Menangkan Gugatan Lawan Greylag Di Paris

Di Palu, Sulawesi Tengah (Sulteng), pelepasan mahasiswa Kampus Mengajar digelar di Aula Balai Penjaminan Mutu Pendidikan (BPMP), diikuti oleh 235 orang mahasiswa.

Kegiatan dihadiri Direktur SMA Kemendikbudristek Winner Jihad Akbar, Kepala Balai Penjaminan Mutu Pendidikan (BPMP) Sulteng Sinar Alam, Kepala Dinas Pendidikan Sulteng Yudiawari Vidiana Windaruslina.

Sementara, Plt. Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi, Nizam bilang, Kampus Mengajar terbukti meningkatkan kemampuan literasi dan numerasi siswa sekolah dasar dan menengah.

Memasuki program Kampus Mengajar angkatan 5, lanjut Nizam, pihaknya telah melakukan sejumlah peningkatan kualitas, baik dari sisi pembekalan untuk mahasiswa maupun kualitas program tersebut berdasarkan masukan dari berbagai pihak.

"Program ini juga memberikan dampak yang signifikan tidak hanya bagi siswa-siswi yang di sekolah yang menjadi sasaran program Kampus Mengajar, tapi juga mahasiswa untuk belajar komunikasi dan tantangan di lapangan," sambung Nizam.

Baca juga : Cordela Hotel Tawarkan Pengalaman Menginap dan Promo Nikah Hanya 9 Jutaan

Kepala Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan, Anindito Aditomo mengatakan, program Kampus Mengajar merupakan kesempatan bagi mahasiswa untuk mendapatkan pengalaman yang tidak bisa didapati di bangku kuliah.

"Karena itu saya berpesan untuk tetap humble, tetap belajar dengan siapapun dan berkolaborasi, dan tidak mudah menyerah dalam meningkatkan budaya literasi dan numerasi di sekolah tujuan," imbuhnya. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.