Dark/Light Mode

Turunkan Beban Penyakit Katastropik

Wamenkes Dante Tekankan Pentingnya Kolaborasi Kemenkes-Universitas

Selasa, 28 Februari 2023 16:05 WIB
Foto: Ist.
Foto: Ist.

 Sebelumnya 
Rektor Universitas Andalas, Prof. Dr. Tulis Sri menyebutkan, pihaknya siap berkolaborasi dengan pemerintah untuk membantu penanganan penyakit katastropik di Indonesia. Salah satunya, dalam hal peningkatan produksi tenaga kesehatan.

Hal ini sejalan dengan Surat Keputusan Bersama (SKB) antara Kementerian Kesehatan dan Kementerian Pendidikan dan Perguruan Tinggi tentang penambahan kuota penerimaan mahasiswa kedokteran yang ditetapkan pada tahun 2022.

Baca juga : Santri Dukung Ganjar Banten Ingatkan Pentingnya Persatuan Dan Kesatuan

"Insya Allah langkah ini akan kami lakukan, tentu ini membutuhkan kesiapan kita. Kita tidak ingin menambah kuota daya tampung namun kekurangan fasilitas, karenanya kita siapkan semua sarana dan prasarananya," ujar Tulis.

Ia melanjutkan, penambahan kuota penerimaan mahasiswa kedokteran juga berlaku untuk dokter spesialis.

Baca juga : Buka Muktamar Pemuda Muhammadiyah, Jokowi Tekankan Pentingnya Garap Bonus Demografi

"Melalui pak dekan, kepada semua teman-teman spesialis, PPDS dan dukungan RS jejaring, khusus untuk dokter spesialis kita tambah semuanya, tapi tetap dengan kriteria dan standar yang harus dipenuhi. Semua pendidikan harus berjalan dengan tertib, kualitasnya juga harus ditentukan," jelasnya.

Untuk mewujudkan pendidikan kesehatan ini, Universitas Andalas akan didukung oleh 14 fakultas. Lima di antaranya adalah fakultas kesehatan yakni Fakultas Kedokteran, Fakultas Kedokteran Gigi, Fakultas Farmasi, Fakultas Kesehatan Masyarakat dan Fakultas Keperawatan.

Baca juga : Komunitas Supir Truk Lakukan Pengecatan Dan Konvoi Di Bandung

Tak hanya itu, ada juga Rumah Sakit Universitas Andalas yang telah dilengkapi dengan peralatan kesehatan yang canggih dan modern, salah satunya Linac. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.