Dark/Light Mode

Capaian Stranas PK: Performa Pelabuhan Indonesia Masuk 20 Terbaik Dunia

Rabu, 8 Maret 2023 22:43 WIB
Foto: Humas KPK.
Foto: Humas KPK.

 Sebelumnya 
Dalam kesempatan yang sama, Wakil Ketua KPK Nurul Ghufron menambahkan bahwa semua perjuangan dalam pemberantasan korupsi tentu tidak mudah dan banyak jalan terjal yang harus dilalui.

Sehingga KPK mengajak seluruh lapisan masyarakat hingga Penyelenggara Negara untuk sama-sama memberantas korupsi.

Dalam acara penandatanganan komitmen tersebut hadir pula Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartanto, Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Yasonna H. Laoly, dan Menteri Investasi Bahlil Lahadalia, yang turut menyampaikan paparan menyoal komitmen pencegahan korupsi.

Baca juga : PTPN III: Sawit Indonesia Bisa Dikte Dunia

Satu diantaranya mengenai pemanfaatan data Beneficial Ownership (BO), yang jadi fokus utama Kementerian Hukum dan HAM sebagai pengawasan dan pencatatan BO dalam skema upaya pencegahan Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU) dan Tindak Pidana Pendanaan Terorisme (TPPT).

Untuk diketahui, acara pendantanganan komitmen fokus 1 dilakukan secara hybrid (luring dan daring). Selain menghadirkan 22 Sekretaris Jenderal dan Inspektorat Jenderal dari kementerian dan lembaga pelaksana aksi yang hadir secara luring, acara ini juga mengundang 34 pemerintah provinsi dan 68 pemerintah kabupaten/kota yang merupakan pelaksana aksi 1.

Yaitu, Aksi Penyelesaian Tumpang Tindih Pemanfaatan Ruang melalui Pendekatan Kebijakan Satu Peta secara daring.

Baca juga : Srikandi Ganjar Kaltim Gelar Pelatihan Bahasa Isyarat Bersama Komunitas Sukma Sangatta

Penandatanganan komitmen dilaksanakan oleh Sekeretaris Jenderal masing-masing kementerian disaksikan oleh Inspektorat Jenderal dan Menteri terkait, serta Tim Nasional Pencegahan Korupsi.

Selanjutnya penandatanganan komitmen Fokus 2: Keuangan Negara, akan dilaksanakan pada hari Kamis, 9 Maret 2023 dengan Kementerian Perencanaan Pembangunan Negara bertindak sebagai tuan rumah. 

Serta, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi akan menjadi tuan rumah pada penandatangan komitmen Fokus 3: Penegakan Hukum dan Reformasi Birokrasi, pada hari Jumat, 10 Maret 2023. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.