Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Cegah Korupsi Dari Lingkungan Keluarga, Itjen Kemenag Gelar ToT Kusemai Nilai

Rabu, 15 Maret 2023 20:12 WIB
Foto: Ist.
Foto: Ist.

RM.id  Rakyat Merdeka - Sebagai upaya pencegahan korupsi di lingkungan Kementerian Agama (Kemenag), Inspektorat Jenderal dan Dharma Wanita Persatuan Kemenag serta Saya Perempuan Antikorupsi (SPAK) Indonesia menginisiasi program Training of Trainer (ToT) Kusemai Nilai.

ToT Kusemai Nilai yang dikolaborasikan bersama DWP Kemenag dengan menghadirkan 150 orang dari unsur pegawai Kemenag dan unsur masyarakat yang nantinya menjadi agen perubahan Kusemai Nilai ini bertujuan untuk pencegahan korupsi yang berbasis keluarga.

Dalam Program ToT Kusemai Nilai ini, Kemenag menjadikan perempuan sebagai titik awal pendidikan nilai-nilai anti korupsi yang dimulai dari keluarga dan terus meluas ke jejaring di lingkungan sosial masing-masing.

“Dalam upaya meneguhkan komitmen pencegahan dalam pengawasan, berbagai upaya telah ditempuh. Salah satu upaya tersebut adalah melakukan pencegahan korupsi yang berbasis keluarga,” ucap Inspektorat Jenderal (Irjen) Kemenag Faisal dalam sambutannya, mewakili Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas pada pembukaan ToT Kusemai Nilai, di Jakarta pada Rabu (15/3).

Baca juga : Cegah Radikalisme, Santri Dukung Ganjar Jabar Gelar Workshop Moderasi Beragama

“Keluarga adalah fondasi. Fondasi atas kesadaran mental dan pola perilaku. Jika fondasi ini kuat, bersih, dan baik, maka insya Allah, di manapun kita ditempatkan, maka akan selalu menjadi pribadi yang membawa nilai-nilai luhur,” sambung Faisal di hadapan istri dari Pejabat dan ASN di lingkungan Kemenag yang tergabung dalam DWP Kemenag serta peserta ToT Kusemai Nilai lainnya.

Menurut Faisal, dalam konteks ini, peran keluarga terutama isteri sebagai pendamping suami harus mampu memainkan perannya sebagai benteng pertahanan pertama dalam pencegahan korupsi.

Jika suami saat ini diberi amanat jabatan dan wewenang besar, maka jadilah isteri yang bisa meredam nafsu jabatan, memberikan ketenangan sekaligus pengingat dan penyemangat agar sang suami memiliki kinerja tinggi, berprestasi dan bebas dari korupsi.

“Bukan sebaliknya, isteri malah menggebu-gebu, berlomba memanfaatkan fasilitas suami, flexing sana-sini, dan berkontribusi membuat suami semakin tergiur dengan tindak-laku koruptif. Menjadi pembisik bahwa gratifikasi itu suatu hal lumrah asal tidak berlebihan. Padahal semua itu sudah diatur dengan jelas,” tegasnya.

Baca juga : Madrid Selamatkan Lukaku

Faisal berharap di momentum kegiatan yang baik ini, sesuai dengan nama acara Kusemai Nilai, semua yang hadir bisa menyemai hal-hal baik terutama mencegah perilaku koruptif beserta turunannya.

“Mencegah lebih baik dan lebih murah dari pada mengobati. Jadikan keluarga sebagai healing paling melegakan dari segala penat dan beban pekerjaan yang menghimpit para suami di kantor. Jadikan keluarga sebagai pengingat, dan jangan lupa mendidik generasi antikorupsi mulai dari keluarga. Tanamkan sedini mungkin tentang nilai-nilai kejujuran kepada anak-anak kita,” harap Faisal.

"Peran ibu sangat vital. Ada petuah berbahasa arab yang berbunyi "Al Ummu Madrasatul Ula", ibu adalah madrasah (sekolah) pertama bagi anaknya. Di tangan ibu, dibentuk generasi muda calon pemimpin bangsa. Saya harap para ibu dan seluruh calon ibu yang hadir di acara ini bisa menyadari peran penting tersebut,” tandas Faisal.

Sebelumnya Plt. Sekretaris Kastolan melaporkan bahwa Program Kusemai Nilai ini merupakan pengembangan dari program pengawasan dengan pendekatan Keluarga-SPAK Kemenag.

Baca juga : Ganjar Milenial Pasuruan Adakan Aksi Bersih Lingkungan Dan Berbagi Sayur Hidroponik

Program ini, lanjut Kastolan, juga diharapkan menjadi gerakan internal Kementerian yang dapat menjadi pengungkit percepatan pembangunan budaya berintegritas sebagai unsur penting dalam pembangunan Zona Integritas dan Reformasi Birokrasi.

"Agar program Kusemai Nilai berjalan secara baik, maka diperlukan Training of Trainer (ToT). Para peserta yang telah mengikuti ToT ini diharapkan mampu menjadi pelopor dan penggerak perubahan," harap Kastolan.

Para agen pelopor perubahan yang telah dibekali pengetahuan dan keterampilan untuk menyemai nilai-nilai antikorupsi ini merupakan salah satu komponen penting dalam membangun ekosistem budaya antikorupsi, khususnya di lingkungan Kemenag.

Kegiatan ToT Kusemai Nilai yang diselenggarakan Itjen Kemenag berkolaborasi dengan DWP Kemenag dan SPAK Indonesia ini dilaksanakan dengan metode ceramah, diskusi/tanya jawab, game, tayangan video, simulasi dan penyusunan rencana aksi selama 3 hari mulai hari ini, Rabu (15/3) hingga Jumat (18/3) mendatang. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.