Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Cegah Karhutla, Surya Hutani Gelar Edukasi Di Sekolah

Rabu, 1 Februari 2023 19:56 WIB
Surya Hutani Jaya ajak anak sekolah cegah karhutla. (Foto: Ist)
Surya Hutani Jaya ajak anak sekolah cegah karhutla. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Petugas FOM PT Surya Hutani Jaya melakukan sosialissi tentang pencegahan dan penaggulangan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di SMA Negeri 2 Sebulu Kecamatan Sebulu. 

“Kegiatan sosialisasi ini merupakan salah satu upaya untuk mendukung pemerintah mensosialisasikan kepada masyarakat tentang  pencegahan dan bahaya karhutla sejak dini” ungkap FOM head PT SRH M. Yulinarto, Rabu (1/2).

Yulinarto menambahkan, bahwa sosialisasi menjangkau para pelajar, dimana sebagai upaya dini merubah pola pikir di masyarakat, sehingga diharapkan para pelajar nantinya dapat menjadi agen perubahan dalan pencegahan karhutla.

Baca juga : Resmi Dilantik, IPNU-IPPNU 2022-2025 Siap Gencarkan Gerakan Di Sekolah

Kegiatan sosialisasi ini tidak hanya mensosialisasikan tentang bahaya kebakaran dan cara menanggulangi melalui simulasi pemadaman saja, namun juga melalui beberapa program, salah satunya yaitu program Desa Makmur Peduli Api (DMPA), dimana program ini menyerukan kepada masyarakat agar tidak membuka lahan dengan cara membakar, namun bagaimana membuka lahan dengan cara yang lebih aman.

Selain itu program ini juga turut melakukan pemberdayaan masyarakat secara berkesinambungan dengan berbagai kegiatan di bidang pertanian, perikanan, peternakan, serta umkm yang bertujuan untuk meningkatkan ekonomi masyarakat sekitar konsesi.

Widati selaku wakil kepala sekolah SMA N 2 Sebulu mengatakan bahwa, sosialisasi pencegahan ini sangat penting bagi masyarakat yang masih awam dalam memadamkan api.

Baca juga : Ketua KPK Sebut Buronan Izil Azhar Tiba Di Soekarno-Hatta Sore Ini

“Seringnya kemarau panjang menyebabkan seringnya terjadi kebakaran hutan dan kita tidak tahu bagaimana cara memadamkannya. Dengan adanya pelatihan pemadaman melalui sosialisasi ini, sangat membantu kepada pelajar dan semuanya. Sosialisasi ini sangat penting dilakukan terutama untuk masyarakat awam tentang cara memadamkan api,” ungkap Wakil Kepala Sekolah SMA N 2 Sebulu Widati.

Waka Bidang Kesiswaan Abdul Wakid menambahkan bahwa, sosialisasi tentang pemadaman kebakaran hutan dan lahan ini menjadikan siswa-siswi kami tahu bagaimana cara melakukan pemadaman apabila terjadi karhutla.

“Terima kasih kepada PT Surya Hutani Jaya yang telah melakukan kegiatan sosialisasi pemadaman karhutla. Melalui sosialisasi ini, para siswa-siswi kami menjadi tahu bagaimana cara melakukan pemadaman karhutla. Diharapkan siswa-siswi kami menjadi sadar akan bahaya karhutla dimana lebih baik mencegah daripada memadamkan,” ujarnya.

Baca juga : Ganjar Milenial Center Gencar Edukasi Pemenuhan Gizi

Selain itu, mudah mudahan kedepannya antara pihak sekolah dengan PT Surya Hutani Jaya dapat bekerjasama dengan baik dalam upaya melakukan upaya pencegahan karhutla sejak dini.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.