Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Hari Bakti Rimbawan Ke 40

Menteri LHK Paparkan Langkah Korektif Bangun Hutan Rakyat

Sabtu, 18 Maret 2023 17:45 WIB
Menteri LHK, Siti Nurbaya di acara Resepsi Hari Bakti Rimbawan ke-40 di Jakarta, Kamis (16/3).
Menteri LHK, Siti Nurbaya di acara Resepsi Hari Bakti Rimbawan ke-40 di Jakarta, Kamis (16/3).

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya memaparkan sejumlah tindakan korektif yang nyata di bidang kehutanan dalam kurun waktu tahun 2014 hingga sekarang.

Ada delapan langkah korektif yang dilakukan di era presiden Jokowi. Pertama, keberpihakan kepada masyarakat terhadap akses kelola hutan, termasuk masyarakat adat. Kedua, perubahan dari orientasi usaha timber management menjadi forest landscape management yang berorientasi pada sustainable forest management.  Ketiga, solusi permanen pengendalian kebakaran hutan dan lahan. 

Baca juga : Bersama Warga, Sahabat Ganjar Panjatkan Doa Untuk Korban Banjir Bandang Lahat

Keempat, perlindungan dan pemulihan lingkungan melalui antara lain diawali dengan pembangunan persemaian skala besar, rehabilitasi hutan dan lahan, tata kelola gambut, replikasi ekosistem, rehabilitasi mangrove, serta perlindungan sumberdaya air, dan upaya pemulihan daya dukung Daerah Aliran Sungai (DAS). Kelima, penanganan konservasi yang menegaskan bahwa wildlife belong to the state , dan kelola wildlife terkait dengan species dan habitat atau landscapenya merupakan satu kesatuan, serta penataan kawasan, termasuk mengakomodir kemitraan konservasi. Keenam, circular economy dan pengendalian sampah, serta pengendalian limbah. 

Selanjutnya, ketujuh, penanganan kerja sama teknik luar negeri dan kedelapan, pengembangan langkah-langkah birokratis yang didukung tata laku aparat dan sistem digital.

Baca juga : DPR Minta Pasien Yang Kritis Segera Ditangani

“Semua yang dilakukan bukanlah hal yang mudah. Begitu juga dengan law enforcement yang mengalami hal yang paradigmatis dengan hadirnya restorative justice. Oleh karena itu, kita harus bersama-sama berkolaborasi dalam mengelola hutan untuk kesejahteraan masyarakat," kata Siti di acara Resepsi Hari Bakti Rimbawan ke-40 di Jakarta, Kamis (16/3).

Pada kesempatan tersebut, Menteri dari Partai NasDem ini juga memberikan penghargaan kepada ASN KLHK dan mitra kerja yang telah berkinerja baik. 

Baca juga : Lestari Ajak Lembaga Pendidikan Bangun Kesadaran Toleransi

Menurutnya  mitra itu tidak hanya yang terlihat kerja di lapangan, tapi yang turut memikirkan, mendevelop pandangan dan pola-pola baru, memberikan advis dan gambaran situasi."Itu hal yang luar biasa dan sangat dibutuhkan Pemerintah. Saya menyampaikan selamat dan ucapan terima kasih yang tak terhingga," ucapnya.■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.