Dark/Light Mode

Nengokin Garuda Muda Di GBK

Jokowi: Jangan Larut Dalam Kekecewaan, Jalan Masih Panjang

Sabtu, 1 April 2023 17:38 WIB
Presiden Jokowi (tengah) berpose dengan skuad U20, bersama Ketua Umum PSSI Erick Thohir, Wakil Ketua Umum PSSI Zainudin Amali, dan Pelatih Timnas PSSI Shin Tae Yong di Stadion Utama Gelora Bung Karno Senayan, Jakarta, Sabtu (1/4). (Foto: Randi Tri Kurniawan/RM)
Presiden Jokowi (tengah) berpose dengan skuad U20, bersama Ketua Umum PSSI Erick Thohir, Wakil Ketua Umum PSSI Zainudin Amali, dan Pelatih Timnas PSSI Shin Tae Yong di Stadion Utama Gelora Bung Karno Senayan, Jakarta, Sabtu (1/4). (Foto: Randi Tri Kurniawan/RM)

RM.id  Rakyat Merdeka - Presiden Jokowi datang menemui skuad U20 yang tengah berlatih di Stadion Utama Gelora Bung Karno Senayan Jakarta, Sabtu (1/4).

Dalam kesempatan itu, Presiden didampingi Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, Ketua Umum PSSI Erick Thohir, dan Wakil Ketua Umum PSSI Zainudin Amali.

Setelah berbincang dengan pelatih timnas Shin Tae Yong, Jokowi yang mengenakan jaket timnas Indonesia berwarna merah, celana panjang hitam, dan sneakers hitam dengan sol putih menghampiri Hugo Samir Cs. Satu per satu disalami.

 

Presiden Jokowi (kanan) saat berbincang dengan Pelatih Timnas Shin Tae Yong di Stadion Utama GBK Senayan Jakarta, Sabtu (1/4). (Foto: Humas PSSI)

 

Baca juga : PAPDESI Bali Berkomitmen Perjuangkan Kesejahteraan Masyarakat Desa

Jokowi mencoba memahami perasaan Garuda Muda, yang telah 3 tahun 6 bulan menjalani persiapan untuk Piala Dunia U20.

Namun, harapan mereka berlaga di event bergengsi kedua FIFA di negara sendiri sirna, setelah Organisasi Sepak Bola Dunia yang dipimpin Gianni Infantino mencabut status Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U20, Rabu (29/3).

Usai bersalaman, Jokowi foto bareng Hugo Samir Cs. Tentu juga bersama Erick, Amali, dan Shin Tae Yong.

Sekilas, aura gembira terpancar dari wajah para Garuda Muda. Seolah duka yang kemarin menghantam, sirna seketika.

 

Presiden Jokowi (tengah) dalam pertemuan dengan para Garuda Muda di Stadion Utama GBK Senayan Jakarta, Sabtu (1/4). (Foto: Randi Tri Kurniawan/RM)

Baca juga : Jokowi: Jangan Sampai Petani Rugi Usai Panen

 

"Saya hadir di Gelora Bung Karno untuk memberikan semangat kepada tim U20, agar mereka tidak larut dalam kekecewaan dan kesedihan," ujar Jokowi saat memberikan keterangan pers di Stadion Utama Gelora Bung Karno Senayan, Jakarta, Sabtu (1/4).

"Tadi saya sampaikan, bahwa ke depan, kita ingin memiliki tim yang kita bangun sejak awal secara terus menerus berkepanjangan. Sehingga, kita bisa mendapatkan timnas yang betul-betul siap," tuturnya.

Jokowi menyebut, jalan masa depan timnas-20 masih terbentang panjang. Mereka masih muda. Punya banyak kesempatan. Pintu laga SEA Games, Asian Games, Piala AFF, dan Olimpiade 2024 terbentang lebar.

"Saya kira, kesempatan itu masih panjang. Sehingga, saya sampaikan kepada mereka, agar jangan patah semangat," ucap Jokowi.

Baca juga : Tebar 1.043 Sertifikat Tanah Di Blora, Jokowi: Jangan Ditelantarkan

Rencana pertemuan Jokowi dengan skuad U20, sebelumnya telah diungkap Erick Thohir usai pertemuan di Istana Negara, Jumat (31/3).

"Presiden tadi bicara sama saya, bahwa beliau akan mengundang pemain timnas U20. Itu tentu ada mekanismenya," ujar Erick kala itu.

Dan sore ini, Jokowi yang datang langsung ke Gelora Bung Karno. Menyambangi, menyalami, dan memupuk semangat para pemain U20. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.