Dark/Light Mode

Jokowi: Hunian Milenial Di Depok Enak, Gampang Lompat, Ke Mana-Mana Dekat

Kamis, 13 April 2023 11:16 WIB
Jokowi: Hunian Milenial Di Depok Enak, Gampang Lompat, Ke Mana-Mana Dekat

RM.id  Rakyat Merdeka - Presiden Jokowi sangat menghargai ide besar dan pelaksanaan pembangunan hunian yang berdekatan dengan transportasi umum atau kawasan transit oriented development (TOD). Terutama di kota-kota yang sudah macet di semua titik.

"Hari ini, gagasan Menteri Erick Thohir harus kita apresiasi. Setelah kita masuk tadi, ruangannya kamarnya sangat bagus. Fasilitas pendukungnya juga bagus. Yang paling penting, ini disiapkan untuk hunian milenial," kata Jokowi disanbut tepuk tangan hadirin, saat meresmikan Hunian Milenial Untuk Indonesia di Depok, Kamis (13/4).

"Kalau mereka beli, bonusnya dapat kereta. Bangun tidur, mandi, langsung lompat, sudah bisa masuk KRL. Ke mana-mana pun bisa. Sehingga kita semua tidak tergantung dengan kendaraan-kendaraan pribadi, dengan mobil yang memacetkan, utamanya di Jabodetabek," imbuhnya.

Baca juga : Aktivis Lingkungan Tentang Rencana Jepang Buang Limbah Nuklir Ke Laut

 

Presiden Jokowi telah meresmikan hunian milenial di Depok, Jawa Barat, Kamis (13/4). (Foto: YouTube)

 

Jokowi meminta, hunian milenial ini tidak hanya dibangun di Jakarta dan sekitarnya saja. Tetapi juga di kota-kota yang sudah mengalami kemacetan.

Baca juga : TGS Ganjar Sumut Sampaikan Pesan Inspiratif Kepada Masyarakat

Menurutnya, pembangunan TOD adalah suatu keharusan. Apalagi, harganya juga terjangkau.

Yang pakai subsidi Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP), dijual Rp 200 juta. Yang tidak pakai subsidi, ada yang dibandrol Rp 300 juta, ada juga yang Rp 500 juta. Cicilannya juga murah.

"Sehingga, sangat pas sekali untuk hunian anak-anak muda kita. Sekali lagi, hunian milenial ini akan kita kembangkan di semua kota yang memiliki TOD. Utamanya, lahan-lahan PT KAI yang tidak termanfaatkan dengan baik," tutur Jokowi.

Baca juga : Ganjar Milenial Center Kalbar Gelar Lomba Pameran UMKM

Pembangunan TOD ini, bisa dilakukan dengan melibatkan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Perum Perumnas, juga pihak swasta.

"Ini harus kita bangun sebanyak-banyaknya Yang paling saya senang, kalau di Depok ini, gampang melompat. Mau ke rumah sakit, dekat. Ke UI, dekat. Ke HI, juga dekat, karena tinggal naik KRL. Dalam waktu yang sangat singkat, ke mana-mana mudah," tandas Presiden ke-7 RI itu. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.