Dark/Light Mode

Bareng Forkopimda, Pj Bupati Muba H Apriyadi Pantau Arus Mudik

Kamis, 20 April 2023 13:18 WIB
Pj Bupati Musi Banyuasin H Apriyadi Mahmud bersama Forkopimda, melakukan pantauan melalui udara mengendarai helikopter untuk memastikan jalur mudik aman, lancar terkendali. (Foto: Ist)
Pj Bupati Musi Banyuasin H Apriyadi Mahmud bersama Forkopimda, melakukan pantauan melalui udara mengendarai helikopter untuk memastikan jalur mudik aman, lancar terkendali. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pj Bupati Musi Banyuasin H Apriyadi Mahmud tetap bekerja meski sudah memasuki hari libur cuti bersama nasional jelang Idul Fitri, Rabu (19/4).

Bersama Forkopimda, Apriyadi melakukan pantauan melalui udara mengendarai helikopter untuk memastikan jalur mudik aman, lancar terkendali.

"Hari ini hari libur bagi kawan-kawan Aparatur Sipil Negara ( ASN), tapi kami, Forkopimda, saya, Kapolres dan Dandim tetap bekerja memantau arus lalu lintas di jalur lintas timur melalui udara," ujar Apriyadi, sebelum menaiki helikopter bersama Kapolres Muba AKBP Siswandi serta Dandim 0401 Muba Letkol ARM Dede Sudrajat, di halaman rumah dinas Bupati Muba.

Dalam pantauan udara itu dilakukan laporan langsung situasi lalu lintas di ruas Sungai Lilin, Bayung Lencir-Jambi. Pantauan yang dilakukan AKBP Siswandi tak luput menyampaikan arus lalu lintas dari arah Palembang menuju Bayung Lencir-Jambi.

Baca juga : Pj Bupati Muba Pimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat 2023

Seperti terlihat dari tayangan video instagram Satlantas Polres Muba (https://www.instagram.com/reel/CrOLlDEAChS/?igshid=YzcyNDA0Yzg3NA==), Kapolres menyampaikan, dirinya arus lalin masih clear dan kondusif. Tidak ada penumpukan arus lalu lintas.

Dirinya juga memantau antrean kendaraan di SPBU, yang tak jauh dari Pospam Lebaran. Ia bersyukur, arus lalu lintas di Jalintin, khususnya arah Bayung Lencir mendekati arah Jambi, lancar.

Sedangkan arus lalu lintas sebaliknya yakni dari Bayung Lencir menuju Sungai Lilin terpantau masih clear, sepi. Menurutnya belum terjadi lonjakan kendaraan di jalur ini.

"Secara umum keseluruhan jalur si Jalintin baik yang mengarah Jambi atau Palembang masih kondusif," lapor Kapolres.

Baca juga : Bertemu Jokowi, PM Fiala Apresiasi Presidensi G20 RI

Sejumlah titik keramaian seperti pasar juga dipantau dari udara oleh Forkopimda. Di Pasar Sungai Lilin nampak padat dan terpantau petugas Pospam Lebaran melakukan pengaturan.

"Alhamdulillah lalu lintas masih bisa jalan, belum ada penambahan volume kendaraan. Mudah-mudahan hingga hari H Lebaran situasi lalulintas tetap aman. Ini tampak juga kesiapan anggota, ada Kasat Lantas dan lainnya. Semoga tetap kondusif, terima kasih," terang Siswandi usai patroll udara.

Pelaksanaan patroli udara dilakukan untuk memantau arus mudik Lebaran 2023 di wilayah Polres Musi Banyuasin dengan rute jalur lintas timur di atas langit Bayung Lencir menuju Jambi dan Sungai Lilin menuju Palembang.

Selain memantau arus lalu lintas jelang lebaran, kegiatan ini sekaligus untuk antisipasi karhutla karena sudah memasuki musim kemarau.

Baca juga : Gubernur Herman Deru Lantik Pj Bupati Apriyadi Jadi Sekda Muba Definitif

"Sekarang kita sudah memasuki musim kemarau, untuk itu kedepannya Pemerintah Kabupaten Muba bersama TNI dan Polri akan rutin patroli untuk pencegahan serta penanggulangan terkait Karhutbunlah," ungkap Pj Bupati Apriyadi Mahmud, di sela-sela pemantauan patroli arus mudik menjelang lebaran. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.