Dark/Light Mode

Buka KPN 2019

Kemenpora Ajak Pemuda Maksimalkan Potensi Laut Indonesia

Jumat, 30 Agustus 2019 19:26 WIB
Deputi Pemberdayaan Pemuda Kemenpora, Faisal Abdullah saat membuka pembekalan peserta Kapal Pemuda Nusantara (KPN) 2019 di Hotel Ibis Kemayoran, Jakarta, Jumat (30/8) sore. (Foto : Kemenpora)
Deputi Pemberdayaan Pemuda Kemenpora, Faisal Abdullah saat membuka pembekalan peserta Kapal Pemuda Nusantara (KPN) 2019 di Hotel Ibis Kemayoran, Jakarta, Jumat (30/8) sore. (Foto : Kemenpora)

RM.id  Rakyat Merdeka - Deputi Pemberdayaan Pemuda Kemenpora, Faisal Abdullah mengajak para pemuda Indonesia memaksimalkan potensi kekayaan laut Indonesia. Sebab laut Indonesia sangat besar dan memiliki potensi luar biasa. Faisal juga mengajak pemuda Indonesia berdoa agar kondisi Papua kembali damai seperti sedia kala.

Hal itu disampaikan Faisal saat membuka pembekalan peserta Kapal Pemuda Nusantara (KPN) 2019 di Hotel Ibis Kemayoran, Jakarta, Jumat (30/8) sore.

Program Kapal Pemuda Nusantara 2019 merupakan program prioritas Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) dengan tujuan menjadikan laut sebagai bagian dari investasi nasional.

Baca juga : Acer Dukung Program Making Indonesia 4.0

"Saya bangga dan senang melihat semangat adik-adik semua yang sudah terpilih menjadi peserta Kapal Pemuda Nusantara 2019. Kalian berasal dari 34 provinsi di seluruh Indonesia, hari ini kita tahu di Papua terjadi kejadian yang tidak kita inginkan. Mari kita sama-sama berdoa untuk Papua dan keutuhan NKRI bangsa Indonesia," katanya.

Sebanyak 102 peserta KPN 2019 ini akan bergabung dengan Sail Nias 2019 dan akan menempuh perjalanan laut dari tanggal 2 sampai 21 September. Selama 20 hari KPN akan melalui rute Jakarta, Sibolga- Nias Selatan- Lampung- Jakarta.

"Laut Indonesia sangatlah luas dan memiliki potensi yang luar biasa. Banyak pulau-pulau di Indonesia yang belum terjamah oleh manusia. Ini menjadi tugas kalian semua untuk memanfaatkan potensi laut Indonesia. Jadi saya minta kepada seluruh peserta memaksimalkan KPN ini dengan sebaik-baiknya," harapnya.

Baca juga : Besok, Persija Akan Perkenalkan 2 Pemain Asing Baru

Acara pembekalan KPN 2019 juga dihadiri oleh Staf Khusus Bidang Pemuda Anggia Ermarini yang juga memberikan materi kepada peserta. Perempuan yang akrab disapa Anggi ini memberikan materi dengan tema "Membangun Potensi Pemuda Bahari".

"Indonesia sebagai negara maritim memiliki kekayaan laut yang luar biasa, anak muda memiliki peran besar untuk membangun kemaritiman di Indonesia," ujarnya.

Sementara Asisten Deputi Peningkatan Kapasitas Pemuda IG Putu Raka Pariana mengatakan bahwa kegiatan ini juga melibatkan dan bersinergi dengan Pemuda Saka Bahari TNI AL, Pemuda Bela Negara dari Kementerian Pertahanan.

Baca juga : Kementan dan FAO Petakan Kapasitas Epidemiologi dan Surveilans di Indonesia

"Kegiatan KPN ini bersinergi degan Program dari TNI AL Melalui Program Saka Bahari dan Pemuda Bela Negara dari Kemenhan dengan berlayar menggunakan Kapal KRI Milik TNI AL," ucapnya. [IPL]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.