Dark/Light Mode

Serahkan 135 Sertipikat Tanah Di Jateng

Menteri Hadi Tjahjanto Pastikan Program PTSL Berjalan Dengan Lancar

Selasa, 9 Mei 2023 17:23 WIB
Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), Hadi Tjahjanto melanjutkan kunjungan kerjanya ke Provinsi Jawa Tengah, Selasa (9/5). Ia mengunjungi Desa Bersole, Kecamatan Adiwerna, Kabupaten Tegal untuk menyerahkan 135 Sertipikat Hak Milik yang diserahkan secara door to door kepada sembilan perwakilan masyarakat. (Foto: Ist)
Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), Hadi Tjahjanto melanjutkan kunjungan kerjanya ke Provinsi Jawa Tengah, Selasa (9/5). Ia mengunjungi Desa Bersole, Kecamatan Adiwerna, Kabupaten Tegal untuk menyerahkan 135 Sertipikat Hak Milik yang diserahkan secara door to door kepada sembilan perwakilan masyarakat. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), Hadi Tjahjanto melanjutkan kunjungan kerjanya ke Provinsi Jawa Tengah, Selasa (9/5). Ia mengunjungi Desa Bersole, Kecamatan Adiwerna, Kabupaten Tegal untuk menyerahkan 135 Sertipikat Hak Milik yang diserahkan secara door to door kepada sembilan perwakilan masyarakat.

Hadi Tjahjanto juga mengimbau jajaran Kantor Pertanahan Kabupaten Tegal bersama perangkat desa agar menyertipikatkan tanah-tanah sawah yang dimiliki oleh desa.

Baca juga : Menteri Hadi Tjahjanto: Perekonomian Rakyat Berkembang

“Program tahun ini kita menyertipikatkan sawah supaya aset desa itu tidak disalahgunakan sehingga aman semuanya, juga bisa untuk kemakmuran desanya, kemudian sawah itu juga bisa ditanami oleh warga dengan skema lelang," ujarnya.

Menteri ATR/Kepala BPN mengatakan, proses sertipikasi tanah melalui program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) di Desa Bersole berjalan dengan lancar dan kondusif berkat dukungan dari pemerintah daerah. Ia berharap, Desa Bersole dapat menjadi Desa Lengkap yang artinya seluruh tanahnya tersertipikat.

Baca juga : Mendes PDTT Ajak Pemda Adopsi Program RPL Desa

"Tahun ini mudah-mudahan desa ini menjadi Desa Lengkap karena sudah selesai semuanya 260 sertipikat. Kalau kita lihat Bu Bupati, Pak Kepala Desa, termasuk Pak Camat, didukung aparat kepolisian dan TNI, desa ini kondusif. Sehingga, permasalahan di lapangan saya kira tidak ada. Kuncinya adalah sinergi dan kolaborasi," ungkap Hadi Tjahjanto.

Setelah menjadi Desa Lengkap, Menteri ATR/Kepala BPN juga menargetkan Kabupaten Tegal menjadi Kabupaten Lengkap dengan syarat seluruh bidang tanah terpetakan dan lengkap datanya baik secara spasial maupun yuridis. "InsyaAllah segera selesai program PTSL, target kita sebelum 2024 berakhir khususnya di Kabupaten Tegal ini," tuturnya.

Baca juga : Ganjar Berharap Jateng Terus Lahirkan Program Revolusioner Bidang Pendidikan

Adapun dalam kunjungan kerja ini Menteri ATR/Kepala BPN didampingi oleh beberapa Pejabat Pimpinan Tinggi Madya Kementerian ATR/BPN; Staf Khusus Menteri ATR/Kepala BPN; Kepala Biro Hubungan Masyarakat (Humas) Kementerian ATR/BPN, Yulia Jaya Nirmawati; Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) BPN Provinsi Jawa Tengah, Dwi Purnama dan jajaran Kantor Pertanahan Kabupaten Tegal; serta Bupati dan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) setempat. 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.