Dark/Light Mode

Hari Lingkungan Hidup

Iriana Gelar Pengomposan Sampah Organik Di Tampaksiring

Sabtu, 10 Juni 2023 19:02 WIB
Ibu Iriana Joko Widodo (Tengah) saat melakukan pengomposan sampah organik di Tampaksiring Gianyar, Bali, Sabtu (10/6). (Foto: Antara)
Ibu Iriana Joko Widodo (Tengah) saat melakukan pengomposan sampah organik di Tampaksiring Gianyar, Bali, Sabtu (10/6). (Foto: Antara)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ibu Iriana Joko Widodo melakukan kegiatan pengomposan sampah organik di Istana Kepresidenan Tampaksiring, Bali.

“Dalam rangka Hari Lingkungan Hidup Dunia 2023, saya mengajak ibu-ibu di 38 provinsi seluruh Indonesia untuk mengompos bersama,” ujar Ibu Iriana di Gianyar seperti dilansir Antara, Sabtu (10/6).

Dalam kegiatan pengomposan sampah organik pada acara Kompos Satu Negeri itu, Ibu Iriana terlihat sigap memindahkan bahan demi bahan bersama istri Wakil Presiden Wury Ma’ruf Amin serta para anggota Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabinet Indonesia Maju (OASE KIM).

Baca juga : Deklarasi Dukungan, Dinasti Nusantara Siap Menangkan Ganjar Di Pilpres 2024

Sejumlah perwakilan peserta dari setiap provinsi juga ikut terlibat secara daring, sehingga selama kegiatan Iriana turut melakukan interaksi seperti dengan perwakilan Riau dan Yogyakarta.

Perwakilan Riau bercerita bahwa di daerahnya pengomposan sampah organik sudah berlangsung sejak 2007, kegiatan ini umumnya dilakukan oleh kelompok tani, perempuan dan PKK.

Sementara peserta dari Bank Sampah Induk Pendulan Berseri, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta menuturkan bahwa daerahnya melakukan pengomposan dengan menggunakan alat bernama losida.

Baca juga : Srikandi Ganjar Gelar Pelatihan Pembuatan Lulur Organik Di Bantul

Mereka menjelaskan losida adalah lodong sisa dapur, sebuah alat sederhana yang dinilai cukup untuk menyelesaikan sampah di rumah tangga yang saat ini sedang didorong untuk diterapkan seluruh masyarakat.

Menanggapi itu, Iriana berpesan agar pengomposan sampah organik yang sudah dimulai daerah ini agar dilaksanakan secara berkelanjutan karena memiliki banyak manfaat.

“Semoga ini berkelanjutan ya bu, jangan berhenti, berkelanjutan untuk membuat kompos ini, kan tidak mahal tapi hasilnya bermanfaat sekali,” ujar Ibu Iriana.

Baca juga : Hari Lingkungan Hidup, Mahasiswa UBL Ajak Masyarakat Bijak Gunakan Plastik

Usai kegiatan pengomposan, para peserta melanjutkan kegiatan dengan penanaman pohon durian. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.