Dark/Light Mode

BNPT Bersinergi Dengan Kesbangpol Depok, Tingkatkan Kontribusi Aktif Bangun Kesiapsiagaan Nasional

Kamis, 15 Juni 2023 13:51 WIB
Foto: BNPT.
Foto: BNPT.

RM.id  Rakyat Merdeka - Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) menerima kunjungan Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Depok di Gedung Baladika, Sentul, Jawa Barat pada Rabu (14/6).

Mereka diterima Direktur Pembinaan Kemampuan BNPT Brigjen Wawan Ridwan, kunjungan Kesbangpol Kota Depok bersama Forum Pembauran Kebangsaan (FPK), Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) dan Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) sebagai bentuk upaya sinergitas.

Hal itu demi meningkatkan kontribusi aktif Pemerintah Depok dalam penguatan kapasitas bagi para stakeholder guna menanggulangi isu terorisme dan kejahatan lintas daerah.

Menyambut baik kunjungan tersebut, Wawan Ridwan mengungkapkan, tindak pidana terorisme merupakan kejahatan luar biasa atau biasa disebut Extraordinary Crime.

Baca juga : KPK Benarkan Tengah Selidiki Dugaan Korupsi Di Kementan

Karena itu, perlu adanya tindakan yang luar biasa dalam pencegahan dan penanggulangan tindak pidana terorisme. Salah satunya dengan melakukan sinergitas antar Kementerian/Lembaga.

"Penanggulangan terorisme tidak bersifat absolut, tidak bisa ditangani satu lembaga saja. Justru kami melibatkan bapak ibu sekalian dalam rangka upaya menanggulangi, mencegah penyebaran paham radikal ini," ungkap Direktur Pembinaan Kemampuan BNPT.

Dengan menjalin kerja sama tiap-tiap elemen masyarakat, kegiatan semacam ini mendukung salah satu tugas dan fungsi pokok BNPT dalam membangun Kesiapsiagaan Nasional.

"Kesiapsiagaan Nasional ada beberapa poin yang akan dilaksanakan yaitu melalui pemberdayaan masyarakat, melalui peningkatan kemampuan aparatur, melalui perlindungan dan peningkatan sarana dan prasarana, melalui pengkajian strategis tentang penanggulangan dan pemetaan wilayah rawan radikal terorisme," jelasnya.

Baca juga : Nggak Dukung Kaesang Maju Di Depok, Gibran: Dia Orangnya Nggak Jelas

Menjadi awal pertemuan antara BNPT dengan Kepala Kesbangpol Depok, wawan ridwan berharap kegiatan ini dapat berkesinambungan guna memaksimalkan sinergi dalam upaya pencegahan paham radikal terorisme.

"Kita semakin hari semakin dapat menyebarluaskan bagaimana upaya-upaya kita dalam rangka mencegah penyebaran paham-paham radikal terorisme. Mudah-mudahan pertemuan awal ini kita dengan Depok akan membangun sinergitas kita dalam rangka upaya mencegah penyebaran paham radikal terorisme khususnya yang berada di wilayah Kota Depok," tutur Wawan.

Kepala Badan Kesatuan Kebangsaan dan Politik (Kesbangpol) Kota Depok, Lienda Ratnanurdianny mendukung program yang dijalankan oleh BNPT, sesuai dengan Undang Undang No. 5 Tahun 2018 dalam rangka membangun Kesiapsiagaan Nasional.

"Kami lebih kepada kewaspadaan dini, baik oleh aparat ataupun oleh masyarakat. Kita kerja sama yang pertama adalah pemetaan dan yang kedua adalah bagaimana cara kita bisa meningkatkan kemampuan untuk melakukan deteksi dini," ungkap Linda.

Baca juga : PalmCo Diyakini Tingkatkan Kemitraan Dan Kesejahteraan Petani

Lienda juga mengharapkan, terbangunnya program-program bersama BNPT RI untuk bersinergi dengan aparat maupun masyarakat Kota Depok.

Sehingga dapat meningkatkan kemampuan dalam menjaga kondusifitas agar Depok senantiasa terjaga dari segala ancaman, tantangan, hambatan dan gangguan.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.