Dark/Light Mode

BNPT Sinergi Dengan Pihak Terkait, KTT ASEAN Dipastikan Berjalan Lancar

Kamis, 11 Mei 2023 12:29 WIB
Foto: Ist.
Foto: Ist.

RM.id  Rakyat Merdeka - Indonesia kembali menyelenggarakan event Internasional tingkat Asia Tenggara atau KTT Ke- 42 ASEAN 2023 yang dilaksanakan 9-11 Mei 2023 di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur.

Berbagai acara akan dilaksanakan dalam kesempatan itu diantaranya 42nd ASEAN Summit (Opening and Plenary), ASEAN Leaders’ Interface with Representatives of ASEAN Inter Parliamentary Assembly (AIPA), ASEAN Leaders’ Interface with Representatives of ASEAN Youth, dan ASEAN Leaders’ Interface with Representatives of ASEAN Business Advisory Council (ASEAN-BAC).

Presiden Jokowi secara resmi telah membuka KTT ASEAN (10/5). Dalam pembukaan kegiatan yang dihadiri oleh berbagai pemimpin negara sahabat tersebut, Presiden mengajak menjadikan ASEAN sebagai pusat pertumbuhan.

Baca juga : BNPT Pastikan Sarana KTT ASEAN Penuhi Standar Keamanan

“Mari bekerja keras menjadi ASEAN Matters: Epicentrum of Growth, dan dengan ini saya nyatakan KTT ke 42 ASEAN dibuka," kata Jokowi.

Sebelumnya, Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Komjen Rycko Amelza Dahniel menyampaikan, kesuksesan penyelenggaraan event internasional ini membutuhkan sinergi dan kolaborasi berbagai pihak, demikian pula pada bidang keamanan.

Menurutnya, semua pihak harus bersinergi bersama menjaga keamanan untuk mendukung kelancaran terlaksananya KTT ASEAN termasuk dengan upaya mitigasi potensi ancaman aksi teror.

Baca juga : Presiden Jokowi Cek Kesiapan Media Center KTT ASEAN 2023 di Labuan Bajo

"Melakukan deteksi dini terhadap sel-sel jaringan terorisme yang memiliki potensi untuk melakukan serangan ke sini oleh karena itu BNPT tidak bekerja sendiri kita mensinergikan semua kementerian/lembaga Kementerian terkait dengan TNI Polri dan utamanya untuk KTT ASEAN ini," kata Kepala BNPT, saat memantau beberapa venue acara KTT ASEAN di Labuan Bajo.

Diingatkannya, jika keterlibatan sumber daya bangsa dalam mencegah gangguan keamanan sangat penting, hal ini disebabkan nama baik Indonesia dipertaruhkan dalam kancah Internasional.

“Untuk itu seluruh sumber daya harus diberdayakan dalam mencegah potensi terror," tegasnya.

Baca juga : Pengamat Maritim: KTT ASEAN Ke-42 Di Labuan Bajo Momentum Pemasaran Wisata Bahari NTT

Pada hari pertama Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-42 ASEAN 2023 dilaksanakan lima rangkaian pertemuan. Yakni, pembukaan dan Sesi Pleno KTT ke-42 ASEAN, Pertemuan Antarmuka Pemimpin ASEAN dengan Perwakilan ASEAN Inter-Parliamentary Assembly (AIPA), Pertemuan Antarmuka Pemimpin ASEAN dengan Perwakilan Pemuda ASEAN.

Selanjutnya, Pertemuan Antarmuka Pemimpin ASEAN dengan Perwakilan ASEAN Business Advisory Council (ASEAN-BAC), dan Pertemuan Antarmuka Pemimpin ASEAN dengan High-Level Task Force on ASEAN Community’s Post-2025 Vision (HLTF-ACV).

Lima rangkaian pertemuan KTT ASEAN itu, akan ditutup secara langsung oleh Presiden Jokowi pada waktu malam hari. Bertepatan dengan kegiatan Welcoming Dinner di Ayana Komodo Waecicu Beach. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.