Dark/Light Mode

Prabowo: Jika Ingin Maju, Kuasai Teknologi Dan Industri

Kamis, 15 Juni 2023 18:58 WIB
Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto usai peringatan HUT ke-1 induk holding BUMN industri pertahanan, Defence Industry Indonesia atau Defend ID, di Bandung, Jawa Barat, Kamis (15/6). (Foto: Boy Sakti Hapsoro/Rakyat Merdeka)
Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto usai peringatan HUT ke-1 induk holding BUMN industri pertahanan, Defence Industry Indonesia atau Defend ID, di Bandung, Jawa Barat, Kamis (15/6). (Foto: Boy Sakti Hapsoro/Rakyat Merdeka)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto membakar semangat ribuan pekerja industri pertahanan Indonesia, di acara peringatan HUT ke-1 induk holding BUMN industri pertahanan, Defence Industry Indonesia atau Defend ID, di Bandung, Jawa Barat, Kamis (15/6).

Prabowo mengungkit perintah Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk memperkuat industri pertahanan.

"Industri pertahanan adalah bagian vital, menentukan dari kemerdekaan kita, kedaulatan kita, kita adalah bangsa yang besar, bangsa kita luasannya adalah sama dengan Benua Eropa. Eropa Barat dan Tengah itu 27 negara. Kita satu negara," ujar Prabowo.

Prabowo tidak ragu mengatakan Indonesia adalah bangsa yang besar. Memiliki jumlah penduduk ke empat terbesar di dunia. Memiliki ekonomi yang maju, dan sumber daya alam yang luar biasa.

Baca juga : Eks Pejabat Bea Cukai Beli Rumah Puluhan Miliar Pakai Tabungan Dolar Istri

Sehingga, banyak pakar, lembaga internasional, mengatakan dengan proyeksi, parameter, indikator, sekarang Indonesia akan menjadi bangsa maju dalam waktu tidak lama lagi.

"Tetapi, bangsa Indonesia ini adalah yang terlalu cepat gembira. Dikasih indikator itu langsung tepuk tangan,'' kelakarnya.

Pesannya, mimpi menjadi bangsa maju itu bisa terwujud jika memiliki tiga indikator. Pertama, apakah bangsa ini mampu memanfaatkan kekayaan ini. Kedua, apakah anak-anak bangsa Indonesia mampu mengelola kekayaan ini. Ketiga, apakah anak-anak indonesia mampu menjaga kekayaan ini.

"Ketiga ini yang menentukan. Jika ingin Indonesia mau dan makmur, kita tidak mau hanya menjadi negara yang berani proklamasi kemerdekaan. Cita-cita merdeka adalah Indonesia makmur," ungkapnya.

Baca juga : Potradnas Jadi Sport Tourism Yang Pake Teknologi Mutakhir

Menhan mengatakan, pendiri Indonesia sejak awal menginginkan Indonesia ini menguasai teknologi dan menjadikan Indonesia sebagai negara industri. Semangat ini, diawali ketika Belanda mengejek Indonesia tidak akan merdeka karena membuat peniti saja tidak bisa.

Sehingga, para pemimpin bangsa terdahulu, hingga Presiden BJ Habibie membuktikan dengan membuat pesawat terbang.

"Kita mampu saudara-saudara. Kita bertekad sekarang bangkit, turut industri bangkit,'' tegasnya.

Direktur Utama (Dirut) Defend ID, Bobby Rosyidin mengungkapkan, acara ini merupakan bagian perayaan ultah pertama Defend ID yang didirikan tertanggal 20 April 2022.

Baca juga : Mengintip Ragam Teknologi Digital Yang Diadopsi Sinar Mas

"Di bawah bimbingan Menhan, tema kita hari ini, Defend ID, maju terus, wujudkan Indonesia maju,'' ujar Bobby.

Bobby menyambut naik optimisme Menhan Prabowo untuk menciptakan Indonesia maju 2045. Pasalnya, di acara tersebut saja, sudah dihadiri 6.000 pemuda untuk mengguncang dunia. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.