Dark/Light Mode

Perkuat Toleransi, Partai Golkar Dorong Kemajuan Teknologi Dan Informasi

Senin, 29 Mei 2023 20:10 WIB
Kepala Balitbang Partai Golkar Jerry Sambuaga. (Istimewa)
Kepala Balitbang Partai Golkar Jerry Sambuaga. (Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Perkembangan teknologi dan informasi komunikasi (TIK) harus memberikan dampak positif bagi persatuan dan kesatuan negara. Perkembangan teknologi juga bisa memperkuat toleransi di tengah masyarakat.

Demikian disampaikan Kepala Balitbang Partai Golkar Jerry Sambuaga Pada diskusi bertajuk Peran Teknologi, Informasi dan Komunikasi Memperkuat Toleransi dan Persatuan Dalam Pluralisme NKRI.

Diskusi ini digelar oleh Balitbang Partai Golkar. Diskusi dibuka oleh Wakil Ketua Umum DPP Partai Golkar Nurul Arifin ini dihadiri oleh Cendikiawan Muslim Prof Din Syamsuddin, Dewan Kehormatan Partai Golkar Ilham Habibie, Kepala Balitbang DPP Partai Golkar Jerry Sambuaga, Anggota Komisi 1 DPR Fraksi Partai Golkar, Dave Laksono, Dekan Fisip Unas Dr Erna Ermawati. Dan perwakilan dari Lemhannas RI.

Baca juga : Universitas Trisakti Gelar Forum Komunikasi Rektor Purnabakti PTN Indonesia

Jerry mengatakan, teknologi informatika dan komunikasi menjadi salah satu instrumen memperkuat dan juga memastikan, bahwa yang namanya muralitas atau pularisme dan juga toleransi harus menjadi bagian dari konsep yang disepakati bersama.

Jerry yang juga Wakil Menteri Perdagangan itu menilai keberadaan TIK adalah keniscayaan meski banyak juga dampak negatifnya.

“Oleh karena itu kita harus pandai memilah dan memilih informasi agar tidak tergiring berita bohong yang muncul,” ujarnya.

Baca juga : Semarak Jejakk Kreatif Indonesia Dorong Potensi Ekonomi Daerah

Pada kesempatan itu, Jerry juga menegaskan, sikap keterbukaan dan menerima perbedaan di Indonesia harus ditanamkan sejak usia dini. Sebab, Indonesia adalah bangsa yang majemuk.

"Inklusifitas itu penting. Inklusifitas itu lahir dari apa yang kita lakukan, harus dimulai dari usia dini," katanya. 

Oleh karena itu, Jerry menyebut kurang sepakat jika pendidikan yang mengedukasi masyarakat agar tidak terjebak radikalisme dimulai dari kampus.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.