Dark/Light Mode

Dirjen Hubla: Perwira Pandu Harus Berikan Navigasi yang Utamakan Keselamatan

Rabu, 11 September 2019 15:44 WIB
Dirjen Hubla R Agus H Purnomo saat melantik Perwira Pandu Tingkat 2 Angkatan 42 di Bogor, Jawa Barat, Selasa (10/9). (Foto: Dok. Ditjen Hubla)
Dirjen Hubla R Agus H Purnomo saat melantik Perwira Pandu Tingkat 2 Angkatan 42 di Bogor, Jawa Barat, Selasa (10/9). (Foto: Dok. Ditjen Hubla)

RM.id  Rakyat Merdeka - Dirjen Perhubungan Laut (Hubla) Kementerian Perhubungan (Kemenhun), R Agus H Purnomo, berpesan ke para Perwira Pandu dapat menjalankan tugas yang lebih baik lagi dalam memberi pelayanan kepada masyarakat luas/serta mengabdikan diri kepada nusa dan bangsa di bidang transportasi.

Pesan ini disampaikan Agus saat melantik Perwira Pandu Tingkat 2 Angkatan 42 di Bogor, Jawa Barat, Selasa (10/9). "Saya selaku pribadi dan pimpinan di Direktorat Jenderal Perhubungan Laut mengucapkan selamat kepada Saudara-Saudara para Perwira Pandu yang telah berhasil menyelesaikan Pelatihan Pandu Tingkat 2 selama kurun waktu  bulan," ujar Dirjen Agus saat memberikan sambutan di acara itu.

Baca juga : Alsintan Penting untuk Cegah Kebakaran Lahan dan Tingkatkan Kesejahteraan Petani

Agus menekankan, para Perwira Pandu yang baru dilantik harus segera mengaplikasikan dan mengembangkan disiplin ilmu yang telah didapat dan secara berkelanjutan. Para Perwira Pandu juga harus terus meningkatkan kemampuan dan pengetahuan sejalan dengan perkembangan di bidang transportasi laut.

"Dengan begitu, ke depan akan tercipta tenaga-tenaga transportasi yang profesional, andal, dan berdaya saing," ujar Agus.

Baca juga : Manajemen Pola Tanam Mampu Amankan Pasokan Cabe dan Sejahterakan Petani

Lebih lanjut, Agus menyatakan bahwa pada prinsipnya kegiatan pemanduan merupakan pemberian bantuan, saran, dan informasi dari para pandu kepada nakhoda kapal tentang keadaan perairan setempat agar navigasi pelayaran dapat dilaksanakan dengan selamat, tertib, dan lancar. Ini menjadi sebuah tanggung jawab yang besar yang menanti.

"Saya berpesan agar seluruh pandu, dalam menjalankan tugas dan fungsi sebagai pelayanan publik di bidang pelayaran, keselamatan harus ditempatkan sebagai prioritas utama. Faktor keselamatan tidak dapat ditawar lagi guna mewujudkan zero accident dan ini menjadi tugas kita bersama tanpa terkecuali," imbuh Agus. [USU]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.