Dark/Light Mode

Dua Bulan Usai Lahiran, Putri Kecantikan Rusia Dicerai Sultan Kelantan

Rabu, 17 Juli 2019 16:17 WIB
Dua Bulan Usai Lahiran, Putri Kecantikan Rusia Dicerai Sultan Kelantan

RM.id  Rakyat Merdeka - Mantan Yang Dipertuan Agong Sultan Muhammad V dari Kelantan menceraikan istrinya yang dikenal sebagai putri kecantikan Moskow, Miss Moscow 2015, Rihana Oksana Petra. Kabar perceraian ini menghentikan cerita romansa keduanya, yang sedari awal sudah ditutup rapat dari sorotan media.

Surat permohonan cerai yang berhasil didapatkan The Strait Times, Rabu (17/1), yang sudah beredar di dunia maya tertanggal 1 Juli. Disebutkan, foto dokumen perceraian Sultan Muhammad V dengan Oksana yang beredar di dunia maya adalah asli. Bukti dokumen ini sekaligus menegaskan kebenaran rumor yang beredar sebelumnya mengenai kandasnya rumah tangga orang penting di Kesultanan Kelantan itu.

Tertulis jelas dokumen perceraian disampaikan ke Pengadilan Syariah Singapura pada 22 Juni 2019 dan proses perceraian berlangsung pada 1 Juli. Sejauh ini belum ada konfirmasi dari Sultan Muhammad V, Rihana Oksana, maupun Kesultanan Kelantan terkait perceraian ini, padahal bahtera rumah tangga mereka baru berusia 1 tahun. Perempuan 26 tahun itu sebelumnya juga mem-posting foto bayi yang baru lahir dua bulan lalu.

Oksana menyebutnya sebagai 'Putra Mahkota'. Dia berkeinginan agar putranya kelak menjadi Sultan Kelantan. Sultan dan Rihana menikah pada 7 Juni 2018. Seperti perceraiannya yang terkesan ditutupi, pernikahan mereka pun menjadi pembicaraan hangat setelah video dan foto-foto saat resepsi beredar. Tidak ada pula pernyataan resmi tentang pernikahan mereka dari Istana Negara. Padahal saat pernikahan berlangsung, Sultan Muhammad V masih berstatus Raja Malaysia atau Yang di-Pertuan Agong ke-15.

Baca juga : Bantu Korban Gempa Maluku, Pertamina Kirim Makanan Dan Peralatan Masak

Pada saat bersamaan, Sultan Muhammad V dalam proses pengunduran diri sebagai Agong. Setelah mundur atau pada 6 Januari, Muhammad V tetap melanjutkan tugasnya sebagai Sultan Kelantan. Kabar mengenai perceraian pasangan ini santer terdengar sejak Januari 2019.

Namun hal itu dibantah ayah Rihana, Andrei Ivanovich Gorbatenko. Dokter ahli bedah tulang itu menyebut rumor mengenai perceraiannya anaknya merupakan omong kosong.

"Saya tidak melihat di internet, tetapi saya akan menjadi orang pertama yang tahu," tegasnya.

Soal pemicu perceraian, keduanya tetap menutup informasinya rapat-rapat hingga memunculkan spekulasi. Apalagi, dokumen perceraian yang beredar itu berisi talak 3 yang berarti tak dapat dibatalkan. Keduanya resmi berpisah dan tak bisa rujuk kembali kecuali memenuhi syariat Islam. Pasangan tersebut tidak dapat bersatu lagi kecuali sang perempuan sudah menikah lagi dengan pria lain lalu bercerai.

Baca juga : ACC Minta Polisi Tindaklanjuti Laporan Penyimpangan Anggaran di Sulsel

Meski pihak Kesultanan Kelantan tidak menyampaikan penjelasan detail, mereka mengeluarkan imbauan agar setiap individu dan media untuk tidak sembarangan menulis gelar kerajaan kepada Oksana dan Sultan Muhammad V.

"Harap diperhatikan untuk tidak memanggil individu tertentu sebagai Ratu Kelantan, Raja Kelantan, Sultan Kelantan atau Permaisuri Kelantan tanpa ada pengumuman resmi dari Istana Kelantan," bunyi pernyataan pihak Istana Kelantan, Selasa (16/7).

Oksana, yang baru membuat akun Instagram bulan lalu, sudah memiliki 360 ribu pengikut. Sejumlah postingannya ada gambar bersama Sultan Muhammad V yang dilengkapi caption mengenai kehidupan keduanya dan cerita pertemuan keduanya. Model 26 tahun ini berbagi gambar-gambar kehidupannya sebagai istri Sultan Muhammad V dan seorang ibu. Namun, sejauh ini, pihak Kesultanan Kelantan tidak pernah menyebut nama Oksana atau menyebut adanya permaisuri di kesultanan tersebut.

Dalam sebuah postingannya pada 10 Juli, Oksana menjelaskan, dia menikah akhir Juni 2018 dan pada Mei kemarin baru saja melahirkan seorang putra bernama Ismail Leon. "Insyaallah, dia menjadi yang mulia pangeran mahkota Kelantan dan Insyaallah menjadi raja Malaysia kelak," bunyi caption fotonya.

Baca juga : Pengusaha Belanda Apresiasi Forum Bisnis Kesehatan RI–Belanda

Latar belakang Oksana semasa menjadi model, kontroversial bagi budaya Malaysia. Oksana dikenal sebagai model pakaian dalam dan sering berpose menantang. Sejak mundur dari posisi Raja Malaysia akhir 2018, Sultan Muhammad V beberapa kali terlihat di hadapan publik. Dia menjadi raja Malaysia pertama yang mengundurkan diri selagi memimpin. Dia diangkat menjadi Raja Malaysia pada Desember 2016 dan seharusnya memimpin selama lima tahun.

Meski tidak ada yang tahu alasan Sultan Muhammad V mundur dari posisinya, pengamat menilai pernikahannya membuat sultan mundur dari posisinya tersebut. Sementara faktor kesehatan pun menjadi alasan lain sang sultan mundur. [DAY]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.