Dark/Light Mode

Perkuat Daya Saing BUMN RI Di Hong Kong

Cuti Idul Adha Pun Erick Masih Kerja

Jumat, 30 Juni 2023 08:43 WIB
Menteri BUMN Erick Thohir (kedua kanan) Salat Idul Adha, di Indian Recreation Club 63 Caroline Hill Road, Hong Kong, Kamis (19/6). (Foto: Instagram Erick)
Menteri BUMN Erick Thohir (kedua kanan) Salat Idul Adha, di Indian Recreation Club 63 Caroline Hill Road, Hong Kong, Kamis (19/6). (Foto: Instagram Erick)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kerja Menteri BUMN Erick Thohir seperti tak kenal hari libur. Saat yang lain menikmati cuti Hari Raya Idul Adha 1444 Hijriah, Erick masih kerja. Dia terbang ke Hong Kong untuk memperkuat daya saing BUMN di sana.

Erick datang ke Hong Kong untuk meresmikan Kantor Bersama BUMN, yang akan digelar hari ini. Sehari sebelum peresmian, Erick sudah tiba di Hong Kong. Di akun Instagram miliknya, Erick terlihat ikut Salat Idul Adha bersama WNI di sana. Kehadiran Erick ini mendapat sambutan hangat para WNI.

Usai acara, Erick mengatakan kehadirannya di Hong Kong untuk meluncurkan Indonesia Incorporated (Inc), dengan meresmikan Kantor Bersama BUMN, di Far East Finance Center, 16 Harcourt Rd, Admiralty, Hong Kong. Menurut Erick, peluncuran ini merupakan komitmennya sejak awal, untuk terus mendorong perusahaan pelat merah go global.

"Rencananya, besok (hari ini, red) ada peresmian kantor bersama. Ini ide yang dilakukan dua tahun lalu, untuk efisiensi dan penghematan kantor BUMN," ujar Erick, usai Salat Idul Adha, di Indian Recreation Club 63 Caroline Hill Road, Hong Kong, kemarin.

Baca juga : Berbagi Di Idul Adha, PIS Salurkan 125 Hewan Kurban

Menurut Erick, keberadaan gedung bersama menjadi sebuah terobosan dalam memperkuat daya saing BUMN di pasar global. Dengan begitu, BUMN dapat saling bersinergi untuk mengenalkan dan memperluas akses pasar Indonesia di kancah internasional.

"Salah satu yang sukses di Hong Kong, beberapa kantor BUMN bisa sharing. Jangan sendiri-sendiri. Ini bagian dari kebersamaan BUMN. Jangan terpisah-pisah. Harus menjadi benteng ekonomi nasional," ucap Erick.

Kantor Bersama BUMN ini nantinya akan berfungsi sebagai Business Center dan Business Hub untuk negara-negara di sekitarnya. Seperti Business Hub untuk China, Jepang, Korea Selatan, dan Taiwan.

Erick Cawapres Potensial Ganjar

Kinerja Erick yang moncer dan tak kenal lelah ini membuat elektabilitasnya sebagai kandidat Cawapres semakin tinggi. Yang terbaru, tergambar dari hasil survei Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC), yang dirilis melalui kanal YouTube SMRC TV, kemarin.

Baca juga : Rumah BUMN Pertamina Gelar Pelatihan UMKM Naik Kelas

Bos SMRC, Saiful Mujani, menjelaskan ada sejumlah tokoh yang potensial menjadi cawapres untuk tiga capres unggul, Ganjar Pranowo, Prabowo Subianto, dan Anies Baswedan. Salah satunya adalah Erick. Erick mendapat dukungan publik untuk menjadi pendamping Ganjar di Pilpres 2024.

"Siapa cawapres terbaik untuk mendampingi Ganjar Pranowo dalam melawan Anies dan Prabowo? Sebanyak 19,4 persen menyebut Erick Thohir, Sandiaga Uno 14,3 persen," ujar Saiful.

Setelah Sandi, ada nama Menko Polhukam Mahfud MD dengan 13,2 persen. Nama-nama lain di bawah 10 persen.

Saiful menjelaskan, Erick dan Sandi memang bersaing dalam bursa cawapres. Angka Erick dengan Sandi tidak berbeda signifikan.

Baca juga : Kembali Ditanya Soal Cawapres, Erick Fokus Kerja

Saiful menjelaskan, salah satu unsur yang dipertimbangkan untuk melihat potensi tokoh menjadi cawapres adalah seberapa besar dukungan dari pemilih dan seberapa besar dia bisa mendongkrak suara calon presiden yang diwakilinya. Karena itu, observasi melalui survei opini publik menjadi penting untuk memantau mana di antara tokoh-tokoh itu yang paling bisa membantu nomor satu memenangkan Pilpres.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.