Dark/Light Mode

Pesan Jokowi Untuk Perwira Muda TNI-Polri: Jaga Integritas, Etika, Bantu Rakyat

Rabu, 26 Juli 2023 10:58 WIB
Presiden Jokowi dalam upacara pelantikan TNI Polri di Istana Merdeka Jakarta, Rabu (25/7). (Foto: YouTube)
Presiden Jokowi dalam upacara pelantikan TNI Polri di Istana Merdeka Jakarta, Rabu (25/7). (Foto: YouTube)

RM.id  Rakyat Merdeka - Presiden Jokowi mewanti-wanti para perwira TNI-Polri yang hari ini dilantik di Istana Merdeka, Jakarta untuk menyiapkan diri menjadi teladan masyarakat. Menjaga integritas, serta menjunjung tinggi etika dan nilai-nilai keprajuritan. Selalu di depan, membantu masyarakat luas.

Para perwira muda TNI-Polri itu juga diingatkan, bahwa mereka memiliki tugas yang tidak mudah. Menjaga stabilitas keamanan bangsa dan negara, menjaga tegaknya NKRI, meneruskan tongkat estafet kepemimpinan bangsa.

"Saudara-saudara akan menghadapi situasi yang sangat berbeda. Dunia mengalami perubahan yang sangat cepat. Disrupsi teknologi yang sangat pesat, juga geopolitik yang sangat dinamis. Ini harus disikapi secara cepat dan tepat Dunia kemiliteran dan kepolisian juga berubah cepat," kata Jokowi di Istana Merdeka Jakarta, Selasa (25/7).

Baca juga : Politik Uang Bukan Rejeki Anak Saleh

Di tengah situasi seperti itu, Indonesia tidak boleh ketinggalan. Karena itu, Jokowi meminta TNI-Polri untuk terus mengamati perkembangan teknologi. Siapkan diri terhadap ancaman, yang juga menggunakan teknologi. Agar kita mampu menjalankan tugas dengan baik.

"Karena itu saya minta Saudara-saudara untuk terus belajar, menempa kemampuan dan keahlian, menguasai pengetahuan dan teknologi dan terus berinovasi," tegas Jokowi.

Dia menambahkan, TNI dan Polri harus terus meningkatkan sinergitas, komunikasi dan inteaksi, serta bekerja sama untuk memecahkan masalah.

Baca juga : Akrabnya Jokowi Dan Prabowo Saat Laga Indonesia Vs Argentina, Ada Erick Juga

"Kepada orang tua yang hadir di sini, saya ikut berbahagia sebagaimana yang Bapak Ibu semua rasakan. Saya ikut bangga dengan prestasi putra Bapak Ibu. Mereka bukan hanya kebanggaan Bapak Ibu, tetapi juga bangsa Indonesia," ucap Jokowi.

"Saya juga mengucapkan terima kasih kepada pimpinan TNI Polri, para pendidik, pelatih dan pengasuh jajaran Akademi TNI dan Lemdiklat Polri atas dedikasinya mendidik para perwira perkasa yang pemberani dan berkarakter," pungkasnya.

Dalam Upacara Prasetya Perwira (Praspa) TNI dan Polri Tahun 2023, Jokowi melantik 833 perwira remaja TNI-Polri. Terdiri dari 357 perwira remaja TNI Angkatan Darat, 94 perwira remaja TNI Angkatan Laut, 114 perwira remaja TNI Angkatan Udara, serta 268 perwira remaja Polri.

Baca juga : Disaksikan Jokowi, Mendagri Sepakati Perjanjian Lintas Batas Dengan Malaysia

 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.