Dark/Light Mode

Pesan Bos Bawaslu Kepada Generasi Muda

Politik Uang Bukan Rejeki Anak Saleh

Selasa, 25 Juli 2023 06:35 WIB
Ketua Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Rahmat Bagja. (Foto: Antara)
Ketua Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Rahmat Bagja. (Foto: Antara)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketua Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Rahmat Bagja mengajak generasi muda, mahasiswa, dan masyarakat kelas menengah mendengungkan anti-politik uang. Tiga kelompok tersebut dinilai mampu mempengaruhi pandangan politik masyarakat kelas lain.

“Yang menentukan isu itu kaum muda dan kaum (kelas) menengah. Kalau isunya kaum muda dan menengah tanpa politik uang, maka teman-teman yang di bawah pasti akan mengikuti,” kata Bagja di Jakarta, kemarin.

Baca juga : KPK, Jangan Iri Ya!

Menurut Bagja, isu yang harus dikampanyekan kelompok muda, mahasiswa dan kelas masyarakat menengah adalah tolak politik uang. Termasuk juga tolak seran­gan fajar. Pasalnya, politik uang bukan rejeki anak saleh.

“Gimana politik uang mau diberantas kalau mahasiswa dan kaum muda menganggap politik uang itu berkah, rejeki anak saleh,” ujar Bagja.

Baca juga : Para Bupati Kudu Kreatif Kembangin Ekonomi Daerah

Bagja meyakini, apabila politik uang dalam Pemilu 2024 tidak ada, maka masyarakat akan semakin banyak menda­patkan kemanfaatan dari meningkatnya pelayanan publik oleh lembaga eksekutif dan legislatif.

“Kalau tidak ada politik uang jalan semakin baik, rumah sakit semakin baik, asuransi/BPJS akan semakin baik,” kata Bagja.

Baca juga : Ganjar Creasi Berkomitmen Tingkatkan Generasi Muda Di Malang Melek Digital

Ketua Bawaslu Sulawesi Utara (Sultra) Hamiruddin Udu mengatakan, menolak politik uang sangat penting dilakukan semua pihak, termasuk pemilih muda. Dengan begitu, tercipta pemilu yang demokratis, jujur, adil, bersih, dan sehat.

“Mereka harus menolak politik uang. Pemilih milenial ini harus tahu dulu bahwa dari aspek hukum menerima atau memberi pada pelaksanaan pemilu atau pilkada ada sanksi pidana,” katanya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.