Dark/Light Mode

Pakai Baju Adat Bali, BKS Pimpin Upacara Hari Perhubungan

Selasa, 17 September 2019 14:25 WIB
Menhub Budi Karya Sumadi memimpin upacara Hari Perhubungan Nasional di Jakarta, Selasa (17/9). (Foto: Kemenhub)
Menhub Budi Karya Sumadi memimpin upacara Hari Perhubungan Nasional di Jakarta, Selasa (17/9). (Foto: Kemenhub)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memperingati Hari Perhubungan Nasional (Harhubnas) 2019 di Jakarta, Selasa (17/9). Seluruh pegawainya mengenakan pakaian adat.

Para pegawai Kemenhub sudah memenuhi kantor sekitar pukul 07.00 pagi. Mereka mengenakan pakaian adat. Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi sendiri mengenakan pakaian adat Bali. 

Baca juga : Rayakan Hari Solidaritas Kashmir dan Hari Pertahanan Pakistan

BKS mengenakan, baju adat Bali bermotif putih emas lengkap dengan udeng (penutup kepala) emas dan kamen (kain bawahan) emas dengan selop hitam. "Saya sengaja menggunakan adat Bali, karena kami memiliki tugas untuk memajukan pariwisata. Ada 5 bali lagi yang harus dimajukan yaitu Mandalika, Labuan Bajo, Manado, Borobudur dan Danau Toba oleh karenanya hari ini kita pakai untuk mengingatkan agar kami lebih bersemangat," katanya.

BKS mengatakan, peringatan Harhubnas menjadi momentum untuk meningkatkan pelayanan dan meneguhkan komitmen untuk meningkatkan konektivitas antar wilayah di Indonesia melalui transportasi. “Peringatan Harhubnas dimaknai sebagai momentum untuk merenungkan kembali terhadap kinerja kita," ujarnya. 

Baca juga : Pencak Silat Diminati Pemerintah Suriname

Menhub menjelaskan, sektor perhubungan memilki peranan yang sangat penting dan strategis dalam kehidupan berangsa dan bernergara. Karena, transportasi kini sebagai urat nadi dalam kehidupan politik, ekonomi, sosial budaya dan pertahanan keamanan. 

"Karena peranannya yang teramat strategis, maka Sumber Daya Manusia (SDM) Perhubungan dituntut memperkuat kembali komitmen dan dedikasi untuk bekerja keras yang nyata di sektor transportasi, karena hal ini merupakan bagian dari upaya meningkatkan kesejahteraan bangsa, dan  memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat Indonesia," tuturnya.

Baca juga : Tak Ada Yang Berani Lawan, Imin Seperti Mega

Rangkaian peringatan Harhubnas sendiri telah dilakukan sejak 13 September 2019. Dimulai dari menyelenggarakan Perhubungan Mengajar di 34 Provinsi di Indonesia, donor darah, bakti sosial,pameran, seminar dan ditutup dengan pelantikan taruna yang akan dilaksanakan pada Rabu (18/9).

"Upacara ini adalah rangkaian sejak hari Jumat kemarin. Kita telah mengadakan pameran, seminar dan memberikan penghargaan, untuk besok akan ada pelantikan taruna," jelasnya. [KPJ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.