Dark/Light Mode

Di Pulau D Reklamasi, Anies Pimpin Upacara Kemerdekaan

Sabtu, 17 Agustus 2019 11:28 WIB
Anies Baswedan, menjadi inspektur upacara dalam upacara pengibaran bendera menyambut HUT ke-74 RI di Pulau D Reklamasi, Jakarta, Sabtu (17/8) pagi.
Anies Baswedan, menjadi inspektur upacara dalam upacara pengibaran bendera menyambut HUT ke-74 RI di Pulau D Reklamasi, Jakarta, Sabtu (17/8) pagi.

RM.id  Rakyat Merdeka - Anies Baswedan, menjadi inspektur upacara dalam upacara pengibaran bendera menyambut HUT ke-74 RI di Pulau D Reklamasi, Jakarta, Sabtu (17/8) pagi.

Di sana, Anie mengenakan pakaian dinas upacara berwarna putih lengkap dengan topi dan tanda pangkatnya, datang didampingi oleh istrinya, Fery Farhati.

Baca juga : Pertama Kali, Menteri ESDM Pimpin Upacara HUT RI di PT Freeport Indonesia

Gubernur DKI Jakarta, Anies mengatakan alasan dirinya menggelar upaca bendera di atas lahan reklamasi tersebut, sebagai simbol bahwa lahan itu milik negara bukan milik swasta.

Anies menegaskan, penyelenggaraan upacara bendera di pulau reklamasi untuk mengirimkan pesan kepada masyarakat bahwa saat ini pulau buatan itu bukan tempat ekslusif bagi golongan tertentu saja.

Baca juga : Pakai Baju Adat Sumsel, Mensesneg Pimpin Upacara HUT ke-74 RI di Lembaga Kepresidenan

"Kita menyelenggarakan upacara disana sebagai simbol bahwa itu tanah air kita. Milik kita. Bukan asing atau swasta," kata Anies.

Namun kebijakan menggelar upacara bendera di pantai maju ini dikritik Ketua Fraksi PDIP di DPRD DKI Jakarta Gembong Warsono.

Baca juga : Dini Hari Tadi, Jokowi Pimpin Renungan Suci di TMP Kalibata

Dia menilai kebijakan ini sangat politis. Menurut Gembong, upacara di atas lahan  itu merupakan upaya Anies melegitimasi kebijakan-kebijakan yang sudah ia ambil mengenai lahan reklamasi semisal penerbitan ribuan sertipikat izin mendirikan bangunan (IMB) beberapa waktu lalu.

"Itu kebijakan yang sangat politis. Dia mencari legitimasi. Padahal faktanya, di tengah-tengah masyarakat masih terjadi perdebatan," kata Gembong. [MRA]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.