Dark/Light Mode

Dihadiri 7 Dubes, RI Pimpin Peringatan Hari Asean Ke-52

Selasa, 13 Agustus 2019 09:30 WIB
Jokowi resmikan Gedung Sekretariat Asean baru sekaligus menyerahkannya pada Sekretaris Jenderal Asean.
Jokowi resmikan Gedung Sekretariat Asean baru sekaligus menyerahkannya pada Sekretaris Jenderal Asean.

RM.id  Rakyat Merdeka - Indonesia selaku Ketua ASEAN Committee in Bern (ACB) memimpin peringatan Hari Asean ke-52, pada (8/8) 2019. 

Peringatan yang dihadiri oleh tujuh dari delapan Duta Besar negara-negara Asean yang berdomisili di Swiss tersebut, merupakan pertemuan pertama Indonesia sebagai Ketua ACB.
 
Peringatan Hari Asean ke-52 tersebut, dimulai dengan pengibaran bendera Asean serta menyanyikan lagu Asean (the ASEAN Way) yang mencerminkan visi negara-negara Asean untuk mewujudkan perdamaian dan kemakmuran di kawasan Asia Tenggara. 

Baca juga : Mal Luber, Lampu Darurat Laris Manis

Selanjutnya, Indonesia selaku Ketua ACB juga memaparkan proposal kegiatan yang akan dilakukan selama periode Juli-Desember 2019 pada masing-masing pilar politik, ekonomi, dan sosial budaya. 
 
Saat memimpin rapat ACB, Duta Besar RI Bern, Muliaman D Hadad menyampaikan apresiasinya kepada seluruh Duta Besar negara Asean  yang hadir pada pertemuan tersebut. 

“Indonesia berharap negara-negara Asean senantiasa saling mendukung dan saling berbagi pengalaman, utamanya pada masa penugasan di wilayah akreditasi Swiss”, ujarnya. 

Baca juga : BI Optimistis Pertumbuhan Ekonomi Makin Kinclong

Para Duta Besar Asean yang menghadiri pertemuan tersebut, yaitu  Laos, Malaysia, Myanmar, Filipina, Thailand, dan Viet Nam. Mereka  menyatakan mendukung dan berpartisipasi pada proposal kegiatan Indonesia pada ACB. 
 
Selama pertemuan itu juga ditayangkan video inagurasi Gedung Baru Sekretariat Asean di Jakarta, yang diresmikan oleh Presiden RI Jokowi. Gedung baru dimaksud merupakan hibah Pemerintah Republik Indonesia kepada Asean, untuk menunjang kinerja Asean sebagai organisasi regional terkemuka di Asia Tenggara.
 
ACB merupakan komunitas negara-negara Asean yang berdomisili di Bern dan/atau memiliki akreditasi di Swiss. ACB dibentuk pada 2011, yang terdiri dari Indonesia, Malaysia, Filipina, Thailand, Vietnam yang berdomisili di Bern, Laos, Myanmar, Kamboja yang berdomisili di Jenewa, serta Brunei Darussalam dan Singapura yang memiliki akreditasi di Swiss. [FIK]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.