Dark/Light Mode

Ucapan Selamat Idul Adha Dari Pemimpin Dunia

Senin, 12 Agustus 2019 14:33 WIB
Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau menyapa muslim yang merayakan Idul Adha di Toronto. (Foto CBS)
Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau menyapa muslim yang merayakan Idul Adha di Toronto. (Foto CBS)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ucapan selamat Hari Idul Adha mengalir dari para pemimpin dan pejabat negara sahabat. Mereka merangkaikan doa dan harapan agar keberkahan meliputi semua umat.

Lewat unggahan video di Twitter, Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau mengucapkan selamat hari raya Idul Adha 2019 yang jatuh pada 11 Agustus 2019. 

"Assalamualaikum. Atas nama keluarga, Sophie (istri) dan saya, saya mengucapkan selamat hari raya Idul Adha. Eid Mubarak. Semoga damai dan berkah melimpah untuk Anda semua," katanya mengawali video itu.

"Hari ini (kemarin) Muslim di Kanada dan berbagai penjuru dunia akan menandai akhir dari ibadah haji dan merayakan Idul Adha," kata Trudeau.

Baca juga : Soto jadi Menu Favorit Idul Adha di Belanda

"Ini juga menjadi kesempatan untuk merefleksikan pelajaran tentang pengorbanan, serta nilai-nilai belas kasih dan kedermawanan."

Ucapan serupa disampaikan Perdana Menteri Inggris Boris Johnson. Dalam tayangan video yang dikeluarkan Kantor PM Inggris, Johnson mendoakan agar semua Muslim merayakan Idul Adha yang meriah dan penuh kehangatan.

"Tidak peduli apakah anda satu dari 3,3 juta Muslim di Inggris atau satu dari Satu miliyar Muslim di bumi, izinkan saya menyampaikan ucapan selamat merayakan Idul Adha pekan ini. Semoga berkah dilimpahkan kepada anda," ujar Johnson.

PM India Narendra Modi juga tidak ketinggalan mengucapkan ucapan selamat Idul Adha.

Baca juga : Jokowi: Idul Adha Harus Tingkatkan Kesalehan Sosial

"Ucapan selamat dari saya kepada anda yang merayakan Idul Adha. Semoga semangat perdamaian dan kebahagiaan senantiasa bersama kita. Eid Mubarak!" cuit Modi.

Begitu juga Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Mike Pompeo beserta istri, Susan Pompeo, juga mengucapkan selamat Idul Adha.

"Susan dan saya menyampaikan salam hangat kepada umat Muslim yang merayakan Idul Adha termasuk teman dan sekutu hingga kolega Muslim kami di Kementerian Luar Negeri AS," kata Pompeo, Senin (12/7).

Idul Adha menandai berakhirnya ibadah haji, di mana jutaan umat muslim dari seluruh dunia melakukan ziarah ke Makkah dan merenungkan pengorbanan dan kesetiaan Nabi Ibrahim AS kepada Allah SWT.

Baca juga : Ditemani 3 Anaknya, Anies Salat Idul Adha di Halaman Balaikota

"Ini merupakan sebuah perayaan untuk berbagi bingkisan, beramal, dan persahabatan," jelasnya.

"Ibadah haji juga merupakan pengingat akan komitmen bersama kami untuk menjunjung tinggi hak semua individu untuk secara bebas menjalankan ibadah keagamaan."

Pompeo juga mendoakan agar para jemaah haji yang akan kembali ke tanah air masing-masing selama sampai tujuan.

"Untuk jutaan jemaah haji yang akan kembali ke rumah, termasuk ribuan muslim Amerika, saya berharap Anda menikmati perjalanan yang aman. Selamat Hari Raya," pungkasnya. [DAY]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.