Dark/Light Mode

Bicara Di KTT G20 Di India

Menkes: Indonesia Dukung Bahas 3 Agenda Kesehatan

Minggu, 20 Agustus 2023 07:30 WIB
Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin saat berpidato dalam agenda pembukaan Pertemuan Menteri Kesehatan G20 di Gujarat, India, Jumat (18/82023). (ANTARA/HO-Kemenkes)
Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin saat berpidato dalam agenda pembukaan Pertemuan Menteri Kesehatan G20 di Gujarat, India, Jumat (18/82023). (ANTARA/HO-Kemenkes)

 Sebelumnya 
Selama berada di Gujarat, Budi juga akan melakukan perte­muan bilateral dengan sejumlah Menteri Kesehatan, seperti dari Belanda, Australia, India, Inggris, Brazil, dan Uni Eropa.

Selain itu, Budi juga akan bertemu dengan para pimpinan organisasi internasional di bi­dang kesehatan seperti World Health Organization (WHO), The Foundation For Innova­tive New Diagnostics (FIND), Global Alliance Vaccine (Gavi), The Bill & Melinda Gates Foun­dation (BMGF), dan Coalition for Epidemic Preparedness Innovations (CEPI) untuk meningkatkan kerja sama di bidang kesehatan.

Baca juga : Hadiri G20 Di India, Menkes RI Bahas Tiga Agenda Kesehatan

Sebelumnya, Staf Ahli Bidang Pembangunan Berkelanjutan Kementerian Koordinator Bi­dang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) Agus Suprapto mengatakan, penguatan arsitektur kesehatan di tingkat global ini merupakan suatu hal yang sangat penting.

Agus menilai, dengan adanya penguatan, maka setiap anggota G20 dapat memastikan sistem kesehatan telah memiliki kapa­sitas yang memadai, baik di tingkat nasional, regional mau­pun di tingkat global.

Baca juga : Kolaborasi Tiga Influencer Jateng Bakal Rilis Konten Guyonan Perdesaan

“Setiap negara akan makin siap dengan kapasitas kesehatan yang memadai dalam rangka mengantisipasi kemungkinan terjadinya pandemi di masa yang akan datang,” tuturnya.

Artikel ini tayang di Rakyat Merdeka Cetak edisi Minggu 20/8/2023 dengan judul Bicara Di KTT G20 Di India, Menkes: Indonesia Dukung Bahas 3 Agenda Kesehatan

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.