Dark/Light Mode

Bicara Di KTT G20 Di India

Menkes: Indonesia Dukung Bahas 3 Agenda Kesehatan

Minggu, 20 Agustus 2023 07:30 WIB
Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin saat berpidato dalam agenda pembukaan Pertemuan Menteri Kesehatan G20 di Gujarat, India, Jumat (18/82023). (ANTARA/HO-Kemenkes)
Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin saat berpidato dalam agenda pembukaan Pertemuan Menteri Kesehatan G20 di Gujarat, India, Jumat (18/82023). (ANTARA/HO-Kemenkes)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin memastikan komitmen Indonesia mendukung tiga agenda bidang kesehatan dibahas dalam pertemuan Menteri Kesehatan di Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di India.

Budi mengatakan, Indone­sia akan terus memberikan kontribusi dan kepemimpinannya di tingkat global dan regional. “Meminjam filosofi Ma­hatma Gandhi, kita tidak harus menunggu apa yang orang lain kerjakan bila ingin membuat perubahan,” ujar Budi saat mem­berikan sambutan pada perte­muan Menteri Kesehatan G20, di Gujarat, India, kemarin.

Baca juga : Hadiri G20 Di India, Menkes RI Bahas Tiga Agenda Kesehatan

Eks Direktur Utama Bank Mandiri ini mengungkapkan, agenda pertama Indonesia sebagai Ketua ASEAN 2023, adalah memajukan deklarasi one health dengan terus menerapkan kon­sep ini dalam aksi nyata. Salah satu bentuknya adalah menerap­kan Integrated One Health Sur­veillance melalui identifikasi 10 hewan dengan 10 patogen yang berpotensi menular ke manusia dan mengakibatkan kedaruratan kesehatan.

“Indonesia sebagai negara yang kaya akan biodiversity, upaya ini penting untuk mence­gah patogen spillover, sehingga kawasan dan komunitas global lebih aman dari potensi pandemi,” ungkapnya.

Baca juga : Kolaborasi Tiga Influencer Jateng Bakal Rilis Konten Guyonan Perdesaan

Kemudian, agenda kedua adalah menindaklanjuti hasil G20 Health Ministers di Indonesia dengan memajukan mechanism of Global Medical Countermeasures Platform sebagai pengganti ACT-A.

Budi menyebut, Indonesia mendorong negara maju dalam G20 terus membantu negara berkembang anggota G20 untuk melakukan riset dan mengem­bangkan manufacturing vaksin, obat dan alat diagnosis.

Baca juga : Tolak Munaslub Golkar, DPD Se-Indonesia Dukung Airlangga Hartarto

Sedangkan agenda ketiga adalah mendorong inovasi dan solusi digital di bidang kesehatan. Salah satunya menerap­kan teknologi baru dan artificial intelligence dalam peningkatan layanan kesehatan melalui per­luasan akses, peningkatan kuali­tas layanan dan integrasi sistem informasi kesehatan.

Budi juga mengingatkan agar inisiatif digital yang dimajukan oleh negara-negara G20 ti­dak berdiri sendiri. Melainkan, ada standarisasi data, sehingga upaya penanganan kesehatan bisa lebih maksimal.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.