Dark/Light Mode

Kemenkumham Banten Resmikan Blok Hunian Maximum Security Lapas Cilegon

Jumat, 22 September 2023 16:01 WIB
Kepala Kanwil Kemenkumham Banten Tejo Harwanto (Foto: Istimewa)
Kepala Kanwil Kemenkumham Banten Tejo Harwanto (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kanwil Kemenkumham) Banten meresmikan Blok Hunian Maximum Security, di Lapas Kelas IIA Cilegon, Kamis (21/9). Peresmian dilakukan Kepala Kanwil Tejo Harwanto pada apel peresmian operasional blok maximum security Lapas Kelas IIA Cilegon. 

Keberadaan Blok Maximum Security itu dimaksudkan untuk peningkatan keamanan di dalam Lapas Kelas IIA Cilegon. “Sesuai dengan sistem revitalisasi dijelaskan bahwa tidak semua warga binaan memiliki karakter yang bisa diintervensi dengan regulasi yang ada, terdapat tingkatan risiko keamanan yang menjadi salah satu alternatif intervensi keamanan pemasyarakatan,” ujar Tejo, dalam keterangan yang diterima redaksi, Jumat (22/9).

Baca juga : Relawan Ganjar Banten Resmikan Posko Berteduh Untuk Komunitas Ojol di Maja 

Tejo mengimbau agar warga binaan pemasyaratan yang ditempatkan pada Gedung Maximum Security ini telah terlebih dahulu dilakukan assesment untuk mengukur tingkat risiko keamanannya.

Blok hunian yang dibangun dengan luas bangunan 1.823 meter persegi ini memiliki 44 kamar dengan kapasitas 250 narapidana risiko tinggi. Kriteria napi yang masuk ke blok ini yakni yang masih melakukan kegiatan yang bersinggungan dengan hukum serta yang memiliki risiko keamanan tinggi. 

Baca juga : Menparekraf Berdayakan UMKM Belitung Timur Agar Tercipta Lapangan Pekerjaan Baru

Sebelum adanya Gedung Maximum Security, Lapas Kelas IIA Cilegon memiliki tiga gedung bangunan yang menampung 1.916 warga binaan dengan kapasitas 896 orang. Jumlah warga binaan yang ada sudah melebihi kapasitas gedung di Lapas Cilegon.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.