Dark/Light Mode

Perpusnas Serahkan 31 Unit Perpustakaan Keliling ke Pemda dan Pegiat Literasi

Selasa, 10 Oktober 2023 21:44 WIB
Penyerahan mobil dan motor perpustakaan keliling secara simbolis dari Perpusnas kepada Pemda dan pegiat literasi, di Jakarta, Selasa (10/10). (Foto: Dok. Perpusnas)
Penyerahan mobil dan motor perpustakaan keliling secara simbolis dari Perpusnas kepada Pemda dan pegiat literasi, di Jakarta, Selasa (10/10). (Foto: Dok. Perpusnas)

RM.id  Rakyat Merdeka - Perpustakaan Nasional (Perpusnas) menyerahkan bantuan sebanyak 31 unit mobil perpustakaan keliling dan motor perpustakaan keliling kepada sejumlah pemerintah daerah dan pegiat literasi.

Tahap pertama penyerahan perpustakaan keliling tahun 2023 terdiri dari 21 unit mobil perpustakaan keliling dan 10 unit motor perpustakaan keliling. Penyerahan digelar secara simbolis, di Jakarta, Selasa (10/10/2023).

Setiap unit mobil perpustakaan keliling dilengkapi sarana multimedia serta koleksi bahan perpustakaan. Smentara motor perpustakaan keliling dilengkapi koleksi bahan perpustakaan berupa buku.

Baca juga : KSP Serukan Stop Konflik Dan Kekerasan Palestina–Israel

Kepala Perpusnas Muhammad Syarif Bando menyatakan, bantuan perpustakaan keliling diharapkan memberikan stimulan bagi berbagai pihak, khususnya pemerintah daerah, untuk mengembangkan program yang dapat mempercepat tumbuhnya budaya baca masyarakat. Dia mengatakan, gema perpustakaan dan literasi mulai dirasakan oleh masyarakat hingga ke pelosok negeri.

“Penting menciptakan kesadaran semua pihak untuk membangun kecerdasan berbasis pengelolaan potensi sumber daya manusia,” ucapnya.

Kehadiran perpustakaan keliling juga dirasa perlu untuk memenuhi kebutuhan akses masyarakat akan informasi yang berguna untuk menambah pengetahuan, kemampuan, serta meningkatkan kualitas hidupnya.

Baca juga : Air Bersih Gratis Srikandi Ganjar Bantu Ratusan Keluarga Di Serang Hadapi Krisis

“Jadikanlah perpustakaan sebagai penggerak dalam memajukan daerah. Karena dengan fondasi pengetahuan akan menjadi modal 20 tahun ke depan,” imbuhnya.

Sejak 2003 hingga 2023, sebanyak 956 unit mobil perpustakaan keliling yang dilengkapi koleksi bahan perpustakaan telah disebarkan ke berbagai daerah untuk memberikan akses perpustakaan yang mudah dijangkau masyarakat. Selain itu, sebanyak 120 unit motor perpustakaan keliling diserahkan sepanjang 2017 hingga 2023.

Penerima bantuan mobil perpustakaan keliling tahun 2023 tahap pertama di antaranya Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Sorong, Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Kolaka Timur, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Kabupaten Enrekang, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Maros, serta Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Sumba Timur.

Baca juga : Mentan SYL Serahkan Surat Pengunduran Diri Ke Jokowi Lewat Mensesneg

Sedangkan penerima bantuan motor perpustakaan keliling tahun 2023 di antaranya Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Tana Tidung, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Kabupaten Polewali Mandar, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Kabupaten Lampung Timur, Dinas Arsip dan Perpustakaan Kabupaten Cianjur, Dinas serta Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Kabupaten Luwu Utara.

Bupati Maros Andi Syafril Chaidir Syam mewakili para penerima bantuan mengucapkan terima kasih atas dukungan yang diberikan Perpusnas terhadap upaya peningkatan budaya baca masyarakat di daerah yang jauh dari perpustakaan. Menurutnya, membangun perpustakaan merupakan cara merawat daerah dan daerah. “Ini merupakan bantuan untuk kami pemerintah daerah sehingga akses perpustakaan bagi masyarakat bisa dijangkau di mana pun,” ungkapnya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.