Dark/Light Mode

KSP Serukan Stop Konflik Dan Kekerasan Palestina–Israel

Minggu, 8 Oktober 2023 19:23 WIB
Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Presiden, Siti Ruhaini Dzuhayatin
Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Presiden, Siti Ruhaini Dzuhayatin

RM.id  Rakyat Merdeka - Kantor Staf Presiden mendukung penuh konsistensi Kementerian Luar Negeri (Kemlu) RI untuk berperan aktif dan strategis dalam mewujudkan perdamaian permanen bagi Palestina.

Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Presiden (KSP), Siti Ruhaini Dzuhayatin menyampaikan ini menanggapi konflik dan kekerasan antara kelompok militan Palestina Hamas dengan Israel yang terjadi beberapa hari ini.

"Indonesia terus mendorong seluruh anggota PBB agar secara serius menyelesaikan konflik Palestina-Israel sehingga tercapai perdamaian abadi,” kata Ruhaini, di Jakarta, Minggu (8/10).

Baca juga : Polda Metro Beberkan Kronologis Kasus Dugaan Pemerasan Perkara Korupsi Kementan

Ruhaini menegaskan, kemerdekaan Palestina merupakan amanat konstitusi Indonesia, yakni kemerdekaan hak semua bangsa.

Selain itu, kemerdekaan Palestina juga mandat KTT Non Blok yang diprakarsai Indonesi pada 1955 di Bandung yang masih belum tercapai.

Untuk itu, sambung dia, Indonesia secara konsisten mendorong diplomasi internasional bagi kemerdekaan Palestina, dan mengupayakan penguatan kapasitas Palestina dalam kerja sama di bidang birokrasi, ekonomi, dan pendidikan.

Baca juga : Selamatkan Sawit, Kementan Terjun Padamkan Kebakaran Lahan Di Kalsel

Lebih lanjut, Ruhaini menjelaskan, Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Luar Negeri (Kemlu) telah mendorong Palestina dan Israel untuk menahan diri, dan terus mengupayakan jalan damai dalam menyelesaikan masalah kedua negara.

Penyelesaian konflik harus menyentuh akar masalah, yaitu kepatuhan pada konvensi PBB tentang solusi dua negara di kawasan yang diperebutkan.

"Israel harus mematuhi konvensi PBB tersebut dengan menarik mundur pasukan dan menghentikan agresi pada wilayah pendudukan di Palestina,” tegas Ruhaini.

Baca juga : Kunker Ke Sulteng, Wapres Akan Resmikan Kawasan Pangan

Pada kesempatan itu, Ruhaini juga menyatakan, sikap Kantor Staf Presiden yang mengutuk keras konflik dan kekerasan antara dua pihak Palestina dan Israel.

"Konflik dan kekerasan ini harus dihentikan karena sudah menyebabkan korban jiwa, baik yang meninggal maupun luka-luka,” tandasnya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.