Dark/Light Mode

Bidik Peluang Bisnis

Seribu Perempuan Ikut Kelas Online Tata Rias Relawan Mak Ganjar

Rabu, 27 September 2023 22:08 WIB
Sukarelawan Mak Ganjar membuka kelas online pelatihan tata rias dan strategi bisnis jasa, Rabu (27/9). Sekitar 1.000 perempuan dari berbagai daerah di Indonesia mengikuti kelas online tersebut.
Sukarelawan Mak Ganjar membuka kelas online pelatihan tata rias dan strategi bisnis jasa, Rabu (27/9). Sekitar 1.000 perempuan dari berbagai daerah di Indonesia mengikuti kelas online tersebut.

RM.id  Rakyat Merdeka - Sukarelawan Mak Ganjar membuka kelas online pelatihan tata rias dan strategi bisnis jasa, Rabu (27/9). Sekitar 1.000 perempuan dari berbagai daerah di Indonesia mengikuti kelas online tersebut.

Sementara sebagian peserta hadir langsung secara luring dalam pelatihan yang digelar di Kafe Artivator di Kecamatan Pancoran Mas, Kota Depok, Jawa Barat tersebut. 

Salah satu peserta, Sifanopuma Novi mengaku sangat antusias dan bersemangat dalam mengikuti kelas make up yang mengungsung tema complexion laminating atau teknik riasan yang tahan keringat dan cocok dengan kulit yang tengah dalam proses perawatan. 

Baca juga : Warga Jombang Antusias Ikut Pelatihan Produksi Sabun Cuci Piring

"Untuk hari ini sangat luar biasa banget, sangat bermanfaat membuat aku lebih banyak wawasan lagi. Terutama dalam hal bidang make up dan bisnis," ujar Novi. 

Dia berharap, keterampilannya dalam bidang tata rias makin bertambah. Dia juga berharap lewat pelatihan strategi bisnis jasa, dia bisa mengembangkan usaha jasa tata riasnya yang telah ia bangun.

"Ilmu hari ini terutama dalam complexion laminating (teknik make up). Jadi lebih baik dan teratur lagi memakaikan complexion pada client kita. Untuk bisnisnya juga saya lebih bisa mempromosikan make up pada client," katanya. 

Baca juga : Peran Perpustakaan Dorong Kewirausahaan dan Tingkatkan Kesejahteraan Masyarakat

Sementara itu, Koordinator Nasional Mak Ganjar, Nining mengatakan bahwa dua pelatihan dalam kelas ini merupakan upaya relawan dalam program pemberdayaan perempuan, khususnya untuk kalangan emak-emak.  

"Pelatihan make up kita pilih karena setiap perempuan itu senang dilihat cantik. Baik itu yang di rumah yang ada di rumah maupun yang pekerja," ujar Nining.

Diketahui dalam kelas tersebut, Mak Ganjar menggandeng penata rias profesional dan salah satu pelaku bisnis jasa untuk menjadi pemateri. Relawan ini berharap, pelatihan ini bisa menambah keterampilan peserta dan memotivasi mereka untuk mengembangkan bisnis make-up artist (MUA). 

Baca juga : Wakil Ketua KPK Sebut Isu Pertemuan Pimpinan-Tahanan Upaya Ganggu Kinerja

"Tujuan kita nanti selain bisa merias, nanti ke depannya emak-emak tahu bahwa ladang ini bisa digunakan untuk mencari sesuap nasi, ataupun disebutnya untuk menghidupkan dapur," jelas Nining. 

Lebih lanjut, Nining mengatakan bahwa kegiatan relawan yang terinspirasi dari kepiawaian sosok Ganjar dalam program pemberdayaan emak-emak ini, akan terus berlanjut di berbagai daerah di Indonesia. 

"Kami memang ada kegiatan yang continuing (berkelanjutan) di setiap daerah. Apa sih kebutuhan masyarakat. Dari mulai keterampilan sampai bisa menghasilkan uang untuk sendiri, dan itu sudah mulai berjalan," sebut Nining.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.