Dark/Light Mode

Dirjen Bina Adwil Pimpin Delegasi Indonesia di Forum Sosek Malindo

Sabtu, 21 Oktober 2023 09:26 WIB
Dirjen Bina Administrasi Kewilayahan Kemendagri Safrizal (kiri) selaku Ketua Kelompok Kerja  Sosial Ekonomi Indonesia memimpin Delegasi Indonesia pada Persidangan ke-38 JKK/KK Sosek Malindo di Pahang, Malaysia, Kamis (19/10). (Foto: Foto: Kemendagri)
Dirjen Bina Administrasi Kewilayahan Kemendagri Safrizal (kiri) selaku Ketua Kelompok Kerja Sosial Ekonomi Indonesia memimpin Delegasi Indonesia pada Persidangan ke-38 JKK/KK Sosek Malindo di Pahang, Malaysia, Kamis (19/10). (Foto: Foto: Kemendagri)

RM.id  Rakyat Merdeka - Direktur Jenderal Bina Administrasi Kewilayahan Kemendagri Safrizal, selaku Ketua Kelompok Kerja (KK) Sosial Ekonomi (Sosek) Indonesia memimpin Delegasi Indonesia pada Persidangan ke-38 JKK/KK Sosek Malindo di Pahang, Malaysia, Kamis (19/10).

Delegasi Indonesia terdiri dari Kementerian/Lembaga seperti Ditjen Bina Adwil Kemendagri, BNPP maupun unsur TNI dan pemerintah daerah yang memiliki perbatasan dengan Malaysia yaitu Ketua KK Sosek Malindo Tingkat Provinsi Kalimantan Barat, Kalimantan Utara, Riau, dan Kepulauan Riau.

"Persidangan ini diselenggarakan secara langsung setelah pada tahun-tahun sebelumnya dilaksanakan secara virtual," ujar Safrizal dalam keterangannya, Sabtu (21/10).

Baca juga : Menpora: Jokowi Pingin Indonesia Jadi Co-Host Piala Dunia 2034

Safrizal berharap persidangan ini dapat mempererat tali silaturahmi dan hubungan persaudaraan diantara kedua negara dalam mencapai solusi bersama untuk isu-isu sosial ekonomi terkini di kawasan perbatasan.

Kegiatan ini dibuka oleh Hamzah bin Ishak Timbalan selaku Ketua Pengarah Keselamatan Negara, Majlis Keselamatan Negara selaku Ketua JKK Sosek Malaysia, bersama dengan Delegasi Malaysia terdiri dari Majlis Keselamatan Negara, Pejabat Kerajaan Negeri Sabah.

Hadir pula Pejabat Negeri Melaka, UPEN Sarawak, Polis Diraja Malaysia, Jabatan Imigresen Malaysia, Jabatan Pengangkutan Jalan, Angkatan Tentara Malaysia, Kementerian Kesehatan Malaysia, dan Kementerian Dalam Negeri Malaysia.

Baca juga : Cukur Brunei Dengan Agregat 12-0, Indonesia Lolos Ke Putaran 2

Safrizal menyampaikan, selaku Ketua Kelompok Kerja Sosek Indonesia mewakili seluruh delegasi Indonesia menyampaikan ucapan terima kasih atas sambutan yang hangat dan keramahan yang diberikan Delegasi Malaysia yang dipimpin Bapak Hamzah bin Ishak beserta jajarannya kepada delegasi Indonesia.

"Terkait hubungan bilateral Indonesia-Malaysia yang erat selama ini terlebih hubungan yang sangat baik antara Presiden RI dan PM Malaysia, yang terlihat dalam tercapainya kesepakatan Border Cross Agreement (BCA) dan Trade Border Agreement (TBA) beberapa waktu lalu," ujar Safrizal.

Menurutnya forum JKK/KK Sosek Malindo memiliki peran strategis dalam menindaklanjuti kesepakatan tersebut serta merefresh pelaksanaan kerja sama antar provinsi/negeri kedua negara di Kawasan Perbatasan.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.