Dark/Light Mode

Terbaru! Perolehan Medali Asian Games 2022 Hari Ini: Indonesia Digeser Thailand

Rabu, 27 September 2023 14:02 WIB
Perolehan medali Asian Games 2023 hari ini, Rabu (27/9)
Perolehan medali Asian Games 2023 hari ini, Rabu (27/9)

RM.id  Rakyat Merdeka - Perubahan yang cukup dinamis terjadi dalam deretan perolehan medali Asian Games 2022. Di hari kelima, posisi Indonesia di klasemen sementara digeser oleh Thailand, Rabu (27/9).

Dalam persaingan sengit ini, tuan rumah yakno China masih tetap kokoh di puncak dengan mengumpulkan 60 emas, 34 perak, dan 13 perunggu, mencatatkan total 107 medali.

Begitupun dengan Korea Selatan dan Jepang juga berhasil mempertahankan posisi mereka di klasemen sementara, masing-masing urutan dua dan tiga. Korea Selatan membukukan 15 emas, 16 perak, dan 23 perunggu, sementara Jepang mengikuti di belakangnya dengan 9 emas, 21 perak, dan 22 perunggu.

Perubahan lainnya yang mencuri perhatian adalah peningkatan prestasi Hong Kong dan Uzbekistan. Hong Kong berhasil menggeser posisi Uzbekistan di klasemen. 

Dari sebelumnya Uzbekistan di posisi tiga kini digeser oleh Hongkong dengan selisih tipis dalam perolehan medali.

Baca juga : Pembuktian Sananta

Hong Kong berhasil meraih 5 emas, 7 perak, dan 12 perunggu, sedangkan Uzbekistan mengoleksi 5 emas, 6 perak, dan 11 perunggu. 

Lalu bagaimana dengan Indonesia?

Hari ini Indonesia harus merelakan posisi ketujuh yang dikunci kemarin, digeser oleh Thailand. Pada perolehan medali terbaru, perolehan medali Indonesia belum berubah dibanding kemarin, yakni: 3 emas, 1 perak, dan 5 perunggu, dengan total 9 medali. 

Dari tiga medali emas tersebut, dua diantaranya diraih Muhammad Sejahtera Dwi Putra dari cabang olahraga (cabor) Shooting nomor Men's. Medali pertama dari nomor 10M Running Target, medali kedua nomor Men’s 10M Running Target Mixed Run.

Sementara medali ketiga diperoleh Harris Horatius dari cabor Wushu nomor Men's Nanquan + Nangun.

Baca juga : Asian Games 2022, Tim Basket Indonesia Takluk Atas Korsel

Cabor Wushu kembali menorehkan medali di nomor Men's Changquan. Yakni medali perak yang diraih Edgar Xavier Marvelo.

Kemudian 5 medali perunggu masing-masing dari cabor Rowing nomor Women's Light-Weight Double Sculls yang diperkuat oleh Chelsea Corputty dan Mutiara Rahma.

Perunggu kedua diperoleh di cabor Rowing nomor Men's Double Sculls dari Ihram dan Memo. Perunggu ketiga kembali datang dari cabor Rowing. Kali ini di nomor Men's Eight yang diperkuat Asuhan Pattiiha & Team.

Cabor menembak kembali menyetor medali, kali ini perunggu untuk nomor Men's 10M Running Target Team yang dimainkan oleh Muhammad Sejatera Dwi Putra, Julio Irfandi dan Muhammad Badri Akbar. Ketiganya lagi-lagi membukukan medali perunggu di nomor Men's Team 10M Running Target Mixed Run. 

Namun perolehan medali sebanyak itu, yang sempat memosisikan Indonesia di urutan ketujuh berhasil disalip Thailand. Karena pada hari ini berhasil menambah pundi-pundi medali menjadi 5 emas, 1 perak, dan 7 perunggu.

Baca juga : Wushu Raih Emas, Menpora: Semoga Target Indonesia Tercapai

Jumlah medali Thailand naik signifikan, hampir dua kali lipat pada hari ini. Dari 7 medali kemarin saat menempati urutan 9, menjadi 13 medali hari ini.

Namun, masih ada beberapa hari kompetisi yang tersisa, dan semuanya masih bisa berubah. Tim-tim dari berbagai negara akan terus berusaha untuk meraih prestasi terbaik mereka dan membawa pulang medali emas untuk negara mereka masing-masing.

Semoga Indonesia berhasil memborong lebih banyak medali lagi!

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.