Dark/Light Mode

Dirjen Bina Adwil Pimpin Delegasi Indonesia di Forum Sosek Malindo

Sabtu, 21 Oktober 2023 09:26 WIB
Dirjen Bina Administrasi Kewilayahan Kemendagri Safrizal (kiri) selaku Ketua Kelompok Kerja  Sosial Ekonomi Indonesia memimpin Delegasi Indonesia pada Persidangan ke-38 JKK/KK Sosek Malindo di Pahang, Malaysia, Kamis (19/10). (Foto: Foto: Kemendagri)
Dirjen Bina Administrasi Kewilayahan Kemendagri Safrizal (kiri) selaku Ketua Kelompok Kerja Sosial Ekonomi Indonesia memimpin Delegasi Indonesia pada Persidangan ke-38 JKK/KK Sosek Malindo di Pahang, Malaysia, Kamis (19/10). (Foto: Foto: Kemendagri)

 Sebelumnya 
Safrizal menambahkan, persidangan ini membahas isu-isu sosio ekonomi yang telah tertunda pembahasannya akibat pandemi Covid-19 dan isu-isu baru yang menjadi perhatian ke depan.

“Sebagaimana tujuan dibentuknya forum Sosek Malindo melalui forum ini, secara bersama-sama kita dapat menyamakan persepsi dengan lebih mengedepankan kebersamaan dalam pelaksanaan kerja sama sosial ekonomi di Kawasan Perbatasan, " ujar Safrizal.

Baca juga : Menpora: Jokowi Pingin Indonesia Jadi Co-Host Piala Dunia 2034

Menurutnya, Sosek Malindo ini dapat memiliki pencapaian dan hasil yang konkret sehingga bermanfaat secara langsung bagi masyarakat di kawasan perbatasan kedua negara.

Adapun Isu-isu Strategis yang menjadi agenda bersama pada persidangan ke 38 ini disusun dalam beberapa Kertas Kerja antara lain, terkait Penubuhan Jawatankuasa bagi meneliti Standar Operasional Prosedur (SOP) pengurusan pemulangan jenazah/mayat.

Baca juga : Cukur Brunei Dengan Agregat 12-0, Indonesia Lolos Ke Putaran 2

Selanjutnya terkait terhadap pemberlakuan Penerimaan Negara Bukan Pajak/Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) dan Tanda Nomor Kendaraan (TNKB) Lintas Batas Negara (LBN) bagi Kendaraan Malaysia yang melintas di PLBN Entikong, Aruk dan Badau.

Sementara Pembukaan Semula Laluan Antarabangsa Penetapan Pintu Masuk Antarabangsa (PMA) Darat Serudong, Kalabakan Sabah-Sei Manggaris Kaltara di Titik A708 juga dibahas ditambahkan usulan dari Indonesia berupa pengelolaan perairan Telok Melano, Malaysia.

Baca juga : PLN Sukses Pasok Listrik Tanpa Kedip Di Indonesia MotoGP Mandalika 2023

Malindo ini diakhiri dengan ditandatanganinya Risalah hasil perundingan ini antara Dirjen Bina Adwil Kemendagri dan Timbalan Pengarah Majlis Keselamatan Negara sehingga menjadi pegangan bagi kedua delegasi untuk menindaklanjutinya sesuai perannya masing masing dan akan dilaporkan pada persidangan berikutnya.

Persidangan Ke -38 Sosek Malindo ini diakhiri dengan ditandatanganinya Risalah hasil perundingan ini antara Dirjen Bina Adwil Kemendagri dan Timbalan Pengarah Majlis Keselamatan Negara sehingga menjadi pegangan bagi kedua delegasi untuk menindaklanjutinya sesuai perannya masing masing dan akan dilaporkan pada persidangan berikutnya

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.