Dark/Light Mode

BKS Mau Kembangin Transportasi Laut Di Ibu Kota Baru

Kamis, 10 Oktober 2019 16:56 WIB
Menhub Budi Karya Sumadi. (Foto: Ist)
Menhub Budi Karya Sumadi. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pemerintah terus menyiapkan kebutuhan transportasi massal di ibu kota baru. Transportasi di ibu kota baru nantinya dipastikan tidak hanya terpaku di darat saja. Transportasi laut juga bisa menjadi daya tarik tersendiri untuk masyarakat.

Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi mengaku, sudah mengunjungi lokasi ibu kota baru di Kalimantan Timur. “Dari kunjungan kita di lokasi akan ada inovasi-inovasi baru, katakan selain harus kereta api yang listrik, angkutan kapal juga menarik karena ada satu teluk sepanjang 80 km dengan lebar 5 km tidak terbayangkan bisa menjadi suatu daya tarik luar biasa untuk ibukota baru," katanya saat menjadi keynote speech di acara bertajuk transportasi massal di ibu kota baru di Jakarta, Kamis (10/10).

Baca juga : Kejagung Ikut Sibuk Urus Pembangunan Ibu Kota Baru

BKS-sapaan akrab Budi Karya menilai, akan ada beragam transportasi massal yang tentunya memudahkan pergerakan masyarakat. Selain itu Menhub memastikan berbagai kendaraan berbasis listrik akan dihadirkan di Kalimantan Timur. 

Mantan Dirut Angkasa Pura ll mengakui tidak mudah mewujudkannya. Namun, rencana tersebut akan terlaksana dengan keterlibatan dari semua pihak. "Teknologi seperti MRT, ART (Autonomous Rapid Transit) akan kita hadirkan di sana. Teknologi itu sendiri masih belum terlalu banyak dilakukan tetapi dengan suatu semangat yang baik. Dengan kemampuan teknologi yang dimiliki oleh teman-teman kita di INKA, di kereta api, kita yakin dapat melakukan itu semua," tuturnya.

Baca juga : Gandeng PUPR, Kejaksaan Ikut Kawal Pembangunan Ibu Kota Baru

Gubernur Kalimantan Timur, Isran Noor mendukung, berbagai konsep transportasi yang disiapkan pemerintah pusat di ibu kota baru. Namun, dirinya meminta pembangunannya harus memperhatikan berbagai hal termasuk alam.

“Gubernur dan masyarakat tak ada masalah mau dijadikan apa sistem transportasi di ibu kota baru. Modelnya mungkin futuristik,” katanya. [KPJ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.