Dark/Light Mode

Menhan Serahkan 8 Heli H225M Ke TNI AU Di Atang Sendjaja

Jumat, 1 Desember 2023 10:56 WIB
Menteri Pertahanan Menhan Prabowo Subianto menyerahkan 8 heli angkut kepada TNI Angkatan Udara AU di Lanud Atang Sendjaja, Bogor, Jawa Barat Jabar, Jumat (1/12/2023). (Foto: Danu Arifianto/Rakyat Merdeka)
Menteri Pertahanan Menhan Prabowo Subianto menyerahkan 8 heli angkut kepada TNI Angkatan Udara AU di Lanud Atang Sendjaja, Bogor, Jawa Barat Jabar, Jumat (1/12/2023). (Foto: Danu Arifianto/Rakyat Merdeka)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto menyerahkan delapan helikopter angkut kepada TNI Angkatan Udara (AU) dan meresmikan simulator H225M di Lanud Atang Sendjaja, Bogor, Jawa Barat (Jabar), Jumat (1/12/2023).

Berdasar pantauan di lapangan, Prabowo tiba pukul 09.00 WIB dengan helikopter, didampingi Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo dan Kepala Staf Umum (Kasum) TNI Letjen Bambang Ismawan.

Mengenakan kemeja krem, Prabowo langsung menuju lapangan prosesi acara bersama rombongan menaiki mobil Caddy.

Dalam sambutannya ia mengatakan, dirinya mendapat kehormatan besar diundang dalam upacara penyerahan Helikopter H225M dan Simulator H225M kepada TNI Angkatan Udara.

“Heli dan Simulator ini bagian dari upaya kita membangun kekuatan pertahanan. Penguatan pertahanan ini adalah tujuan nasional bangsa kita dan hampir semua bangsa di dunia juga melakukannya,” kata Menhan Prabowo.

Mantan Pangkostrad itu menjelaskan, tujuan negara meningkatkan pertahanan adalah untuk melindungi segenap tumpah darah dan seluruh masyarakat seperti dalam pembukaan undang-undang dasar negara. 

Baca juga : Mentan Amran Serukan Tanam Culik Dari Tuban

Namun, masih banyak orang yang kurang memperhatikan padahal keselamatan bangsa, seluruh kekayaan bangsa, dan seluruh masa depan bangsa, hanya bisa dijamin oleh pertahanan yang kuat.

"Kalau ada yang bilang pertahanan itu mahal, itu benar. Kedaulatan itu mahal. Mau jadi yang merdeka itu mahal. Kita mau jadi negara terhormat itu juga mahal. Masyarakat harus paham ini dan memiliki angkatan perang adalah mutlak untuk menjamin kemerdekaan,” tegasnya. 

Prabowo lantas mengungkapkan, penyerahan delapan helikopter ini belum ada apa-apanya dibanding kebutuhan Alutsista untuk menjaga wilayah Indonesia yang luas.

Para awak helikopter ini bahkan harus mempertaruhkan nyawanya saat menjalankan tugas.

“Karena itulah, hari ini saya merasa bangga berada di tengah-tengah di pangkalan udara sebagai perwakilan dari seluruh TNI Angkatan Udara. Atas nama Pemerintah Republik Indonesia, saya juga mengucapkan terima kasih atas disiplin kalian atas dedikasi kalian atas semangat kalian atas keikhlasan kalian,” ujarnya.

“Saya juga berjanji, akan berjuang keras untuk mencari peralatan yang terbaik, pemeliharaan yang terbaik, sehingga kita benar-benar akan memiliki Angkatan Udara yang handal,” imbuh Prabowo. 

Baca juga : Basarah Dukung Kerja Sama Ekonomi Dunia Yang Setara

Prabowo menegaskan, tekadnya membuat Angkatan Udara yang unggul bukan untuk memberi ancaman kepada pihak manapun.

Melainkan, memang sudah menjadi keharusan agar bangsa ini tidak diremehkan, berdaulat dan damai.

“Kalau kita ingin damai kita harus siap berperang. Ini adalah hukum sejarah. Mereka yang tidak mau siap untuk perang akan hancur, ditindas, dan kekayaannya diambil bangsa lain,” tandasnya.

Sekadar informasi, H225M dikenal sebagai helikopter serbaguna yang mampu melaksanakan berbagai misi.

Seperti, operasi khusus, SAR, evakuasi medis, pengawasan maritim, dan bantuan tembakan dari udara.

Pesawat produk kerja sama industri antara PTDI dengan Airbus Helicopters ini punya badan jumbo yang memungkinkan untuk mengakomodasi berbagai pengaturan tempat duduk dengan kapasitas hingga 29 orang pasukan di kabin dan dua orang awak pesawat.

Baca juga : AMPI Siap Tempur Di Darat Dan Udara

Helikopter tersebut memiliki sejumlah fitur yang diklaim canggih, seperti desain modular, penggunaan material komposit, avionik canggih, termasuk LCD Multi-Functions Displays, Vehicle Monitoring System dan Automatic Flight Control System.

H225M juga menggabungkan pembangkit listrik Turbomeca MAKILA 2A1 generasi baru yang memberikan kinerja tinggi dan keamanan maksimum.

H225M juga dapat dilengkapi dengan sistem persenjataan HForce - sistem persenjataan inkremental dan modular yang memungkinkannya untuk menangani semua jenis skenario operasi, baik dalam konflik konvensional maupun asimetris.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :