Dark/Light Mode

Relawan Gerak Matahari Dukung Pemimpin Peduli Perempuan, Disabilitas, Minoritas

Minggu, 3 Desember 2023 22:38 WIB
Relawan Gerak Matahari Dukung Pemimpin Peduli Perempuan, Disabilitas, Minoritas

RM.id  Rakyat Merdeka - Untuk mewujudkan Indonesia Unggul dibutuhkan pemimpin yang holistik yang mampu membawa keadilan sosial bagi seluruh kelompok masyarakat, termasuk kelompok rentan seperti perempuan, anak, disabilitas dan kelompok minoritas lainnya.

Selama ini, kelompok rentan dinilai masih terabaikan meski aturan hukum sudah banyak dikeluarkan.

Hal ini disampaikan mantan Komisioner Komnas HAM Sandrayati Moniaga dalam acara diskusi Publik dengan tema "Pemimpin Holistik untuk Indonesia Unggul", di Jakarta.

Menurut Sandrayati, di tengah persoalan tersebut, Indonesia membutuhkan pemimpin yang punya perspektif melindungi hak kelompok rentan.

Ia mengkhawatirkan jika pemimpin tidak memperhatikan kelompok rentan, maka posisinya akan semakin termarjinal.

Baca juga : Relawan Asandra Gelar Pemeriksaan Kesehatan Gratis Di Kabupaten Malang

"Undang-undang kita sebagian besar sudah mencakupnya, tetapi pelaksanaannya yang kurang," ujarnya.

Sandrayati menambahkan, kelompok rentan seperti perempuan yang jumlahnya tergolong besar masih dihadapkan pada persoalan kasus kekerasan seksual yang tinggi dan kasus perdagangan manusia yang masih marak terjadi.

"Hari ini (2 Desember) itu Hari Internasional untuk Penghapusan Perbudakan. Sebagian besar korban dari kasus perdagangan manusia (human trafficking) itu perempuan," ungkap Sandrayati yang juga anggota TPN Ganjar-Mahfud, seperti keterangan yang diterima RM.id, Minggu (3/12/2203).

Pada kesempatan yang sama, Koordinator Nasional Relawan Gerak Matahari (GM) untuk Ganjar-Mahfud, Dzulqarnain mengatakan pihaknya ingin menghadirkan narasi penting di Pilpres kali ini.

Yakni, kebutuhan kepemimpinan bangsa yang holistik, pemimpin komplit, bersih dan selaras ucapan dengan tindakannya.

Baca juga : Keliling Indonesia Timur, Ganjar Serap Aspirasi Perempuan Dan Disabilitas

"Kami ingin menampilkan potensi-potensi terbaik dari Ganjar-Mahfud ke ruang-ruang publik. Karena secara obyektif, kami melihat kebutuhan kepemimpinan Indonesia hari ini dalam beragam dimensi, dari sisi hukum, pendidikan, ekonomi lingkungan, serta dunia kerja bagi generasi muda, " tegas Dzulqarnain.

Dzulqarnain mengungkapkan pentingnya kepemimpinan yang komprehensif dan konsisten.

Sebagai mantan relawan Eksponen Muda Muhammadiyah yang sebelumnya memberikan dukungan pada Presiden Jokowi, mereka kini berkomitmen untuk menyoroti potensi terbaik dari pasangan Ganjar-Mahfud kepada publik.

“Kami ingin menampilkan potensi-potensi terbaik dari Ganjar-Mahfud ke ruang-ruang publik,” kata Dzulqarnain.

Hasil dari diskusi ini menjadi amunisi berharga bagi Relawan Gerak Matahari untuk meyakinkan masyarakat bahwa pasangan Ganjar-Mahfud adalah pilihan terbaik untuk memimpin Indonesia ke depan.

Baca juga : Kampanye Kritik Atau Dukung Pemerintah, Pengamat Nilai Ganjar Serba Salah

Mereka dipandang sebagai pemimpin yang telah melalui fase kepemimpinan yang matang serta memperjuangkan semangat meritokrasi dalam demokrasi Indonesia.

Dalam momen deklarasi dukungan di Jakarta, Relawan Gerak Matahari secara resmi menyatakan dukungan mereka kepada pasangan capres-cawapres nomor urut 3, Ganjar Pranowo dan Mahfud MD.

Pasangan ini dianggap sebagai pemimpin yang komplet, bersih, dan selaras antara ucapan dan tindakan.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.