Dark/Light Mode

Sestama BNPT Imbau Kementerian/Lembaga Sampaikan Realisasi Pelaksanaan RAN PE

Rabu, 13 Desember 2023 12:44 WIB
Foto: BNPT
Foto: BNPT

RM.id  Rakyat Merdeka - Sekretaris Utama Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) sekaligus Pelaksana Harian Sekber RAN PE, Bangbang Surono mengimbau perwakilan K/L segera menyampaikan realisasi pelaksanaan Rencana Aksi Nasional Pencegahan Dan Penanggulangan Ekstrimisme Berbasis Kekerasan Yang Mengarah Pada Terorisme (RAN PE).

Nantinya, realisasi pelaksanaan RAN PE tersebut tersebut akan dilaporkan kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Dalam rangka mengumpulkan bahan-bahan pelaporan pelaksanaan RAN PE di Tahun 2023 untuk disampaikan kepada Presiden RI, saya harap perwakilan K/L sampaikan realisasi pelaksanaan RAN PE lewat pengisian Form E dan Form F RAN PE pada Platform I-KHub 2.0," kata Bangbang, dalam kegiatan Rapat Koordinasi Ketiga Kelompok Kerja Pilar 1 K/L RAN PE tahun 2023 di Jakarta, seperti keterangan yang diterima RM.id, Rabu (13/12/2023).

Baca juga : Kementerian Kudu Gercep Realisasikan Anggarannya

Selain realisasi capaian, Sestama BNPT berharap adanya masukan konstruktif dari perwakilan K/L untuk membantu proses penyempurnaan laporan pelaksanaan.

"Kami juga meminta masukan konstruktif dan solutif dari para perwakilan K/L terhadap draft laporan pelaksanaan RAN PE di Tahun 2023, kami yakin masukan tersebut dapat menyempurnakan laporan," terangnya.

Dalam kegiatan ini, Kementerian Agama. (Kemenag) sebagai salah satu perwakilan K/L dalam Pilar 1 turut melaporkan secara langsung capaiannya.

Baca juga : Bamsoet Ingatkan Kepala Desa Hindari Penyalahgunaan Dana Desa

Salah satunya, melakukan asesmen yang diikuti oleh dua ratus ribu Aparatur Sipil Negara (ASN) Kemenag.

Kemenag menyadari, problem radikalisme ekstremisme ini bisa mempengaruhi aktor negara.

“Maka, kami lakukan asesmen ini dengan 4 indikator yaitu tingkat moderasi beragama, anti kekerasan, toleransi, dan akomodatif terhadap budaya lokal," jelas Analis Rumah Ibadah Kemenag, Muhammad Syafaat.

Baca juga : BNPT Gandeng Kementan Bikin Program Serasi, Bantu Sejahterakan Mantan Napi

Kegiatan ini turut dihadiri Plh. Deputi Bidang Pencegahan, Perlindungan, dan Deradikalisasi BNPT selaku Ketua Pokja Pilar 1 RAN PE Brigjen Imam Margono.

Kemudian, Plh. Deputi Bidang Kerjasama Internasional, Dionnisius Swasono serta seluruh pejabat K/L yang tergabung dalam Kelompok Kerja Pilar 1 RAN PE.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.